5 Tips Atasi Stres Akibat Virus Corona

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 08 Apr 2020 05:30 WIB
Shot of a young businesswoman looking stressed out in an office Tips atasi stres akibat virus corona. Foto: iStock
Jakarta -

Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi Corona telah menimbulkan kepanikan dan kekhawatiran yang bisa mendatangkan stres. Barry Davret, seorang penulis yang pernah mendapatkan serangan kecemasan setelah menyaksikan serangan teroris dari kantornya di Manhattan pada tahun 2001 mengaku membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk mengatasi masalahnya itu. Saat ini, setelah dia mengetahui kabar mengenai pandemi Corona, rasa cemas yang sama kembali muncul. Namun, seperti dikutip dari Today, Davret kini telah berhasil mengatasi masalahnya tersebut. Oleh karena itu dia memutuskan untuk berbagi cara mengatasi stres tersebut kepada orang lain.

Berikut ini 5 tips atasi stres akibat virus Corona:

1. Hindari Hal-hal yang Mengundang Kepanikan

Davret mengatakan bahwa dirinya merasakan ketegangan dan kegelisahan yang semakin intensif saat pandemi Corona muncul. Hal itu dirasakannya setelah menonton berita dan mengikuti perkembangannya di internet. Oleh sebab itu menurutnya media sosial bisa menjadi penguat kepanikan.

Sebelumnya, Davret mengaku sering mengecek media sosial miliknya dan menemukan banyak orang-orang yang berdebat mengenai virus tersebut. Hal itu membuatnya semakin merasa stres. Untuk mengatasi stres akibat berita virus corona, dia membatasi penggunaan media sosial, hanya sekali sehari. Di Twitter, dia membuat kata-kata spesifik yang berkaitan dengan virus tidak muncul di halamannya. Selain itu dia juga membatasi waktunya untuk bermain Twitter.

Walaupun membatasi diri menggunakan media sosial, namun tetap penting untuk selalu mengetahui kabar-kabar terbaru mengenai pandemi Corona. Pastikan juga kamu mengeceknya dari sumber berita yang terpercaya. Davret mengatakan bahwa dia selalu mengecek kabar mengenai Corona sebanyak tidak lebih dari dua kali sehari.

2. Tetap Terhubung dengan Teman dan Keluarga


Pandemi Corona telah membuat kita harus melakukan social distancing atau jaga jarak sosial dan melakukan isolasi diri di rumah. Davret menyadari bahwa hal yang bisa membuat kita tetap merasa aman adalah dengan dikelilingi oleh teman dan keluarga. Tapi sayangnya isolasi diri membuatnya tidak bisa berkumpul bersama teman-teman dan keluarga besarnya.

Oleh sebab itu agar tetap merasa terhubung, Davret menjadwalkan pertemuan menggunakan panggilan video bersama teman dan keluarganya setiap hari. Hal ini akan membantu menghilangkan stres yang ditimbulkan akibat pandemi Corona.

Tips atasi stres akibat virus corona.Tips atasi stres akibat virus corona. Foto: iStock

3. Fokus Melakukan Aktivitas yang Menyehatkan

Kebiasaan buruk sangat mudah dilakukan saat kamu merasa stres atau bosan. Untuk itu, Davret memilih untuk memfokuskan diri menemukan kegiatan yang lebih bermanfaat dan dapat membuatnya tetap sehat serta merangsang kreativitasnya. Kegiatan tersebut dapat mengalihkan perhatianmu sementara dan membuatmu menjadi lebih tenang. Misalnya dengan melakukan olahraga seperti, yoga atau pilates atau beribadah.

4. Jadwalkan Waktu untuk Diri Sendiri Setidaknya 30 Menit Sehari

Untuk menghindari stres akibat virus Corona, kamu bisa menjadwalkan waktu untuk dirimu sendiri, setidaknya selama setengah jam setiap harinya. Hal itu yang juga dilakukan oleh Davret. Waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk melakukan kegiatan yang kamu sukai untuk menghilangkan rasa penat dan stres. Davret biasanya menggunakan waktu tersebut untuk berolahraga.

Pastikan selama waktu tersebut kamu tidak melakukan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Hal itu akan membantu menenangkan pikiranmu sehingga kamu terhindar dari stres.

5. Jadilah Kreatif

Cobalah untuk menggali kekreativitas yang ada di dalam dirimu. Fokus menciptakan sesuatu yang dapat kamu bagikan kepada dunia. Misalnya dengan mengikuti apa yang dilakukan oleh Davret. Dia saat ini sedang menulis beberapa cerita fiksi yang menggambarkan seperti apa dunia setelah pandemi Corona berakhir.

Menurut Davret melakukan hal-hal semacam itu akan sangat membantu untuk menghilangkan stres akibat Corona. Kamu juga bisa melakukan hal-hal kreatif lainnya yang memang sesuai dengan bidang yang kamu minati.



Simak Video "Intimate Wedding Jadi Tren Baru di Masa Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)