Lakukan 11 Cara Ini Untuk Menghilangkan Stres

Niken Widya Yunita - wolipop Kamis, 13 Feb 2020 05:30 WIB
Shot of a young businesswoman looking stressed out in an office Foto: iStock/Lakukan 11 Cara Ini Untuk Menghilangkan Stres
Jakarta -

Stres adalah kondisi yang dialami oleh seseorang saat menghadapi ancaman, tekanan, perubahan, dan lain sebagainya. Stres dapat muncul karena pikiran negatif yang membuat seseorang menjadi putus asa, gelisah, marah, dan gugup.


Stres dapat memicu reaksi tubuh dalam bentuk fisik maupun mental. Stres akan berdampak buruk jika tidak dihilangkan. Pekerjaan akan semakin memburuk, hubungan pertemanan akan rusak, keluarga pun akan kena imbas kemarahan kamu di saat sedang stres.


Biasanya di saat kamu sedang mengalami stres, kamu akan menjadi sangat emosi dan tidak mau diganggu oleh siapapun. Kamu akan memilih untuk menyendiri.


Agar stres tidak berkepanjangan dan kamu tetap bisa menjalankan kegiatan sehari-hari, lakukan beberapa cara untuk menghilangkan stres.


Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stres dirangkum dari berbagai sumber.


1. Cara Menghilangkan Stres Dengan Tarik Nafas


Cara ini sangat mudah dan bisa kamu lakukan di mana saja. Caranya cukup ambil posisi ternyaman, lalu kamu tarik nafas selama 4 detik, tahan 7 detik dan hembuskan 8 detik. Kamu bisa lakukan cara tersebut sebanyak tiga kali dan stres kamu kan berkurang.


2. Cara Menghilangkan Stres Dengan Berolahraga


Saat stres kamu pasti malas untuk bergerak dan melakukan banyak kegiatan yang membuat kamu lelah. Tapi jangan salah, dengan berolahraga kecil seperti perenggangan tubuh dan jogging bisa menghilangkan stres kamu loh. Dengan Berolahraga tubuh kamu akan meningkatkan produksi endorphin (hormon bahagia), sehingga stres kamu bisa hilang.


3. Cara Menghilangkan Stres Dengan Ikut Kelas Yoga


Dengan mengikuti kelas yoga, kamu akan melakukan gerakan-gerakan yang membuat kamu rileks, pernafasan akan diatur dan membuat pikiran kamu menjadi tenang. Dengan yoga aliran darah kamu akan lancar, sehingga stres yang kamu rasakan perlahan akan menghilang.


4. Cara Menghilangkan Stres Dengan Menulis Diary atau Curhat


Jika kamu sedang malas melakukan kegiatan di luar rumah. Stres juga menghampiri pikiran kamu, kamu akan merasa uring-uringan dan membutuhkan wadah untuk bercerita.


Menulis diary bisa membantu kamu meluapkan rasa stres, karena kamu akan menceritakan semuanya dalam tulisan. Kamu juga bisa bercerita dengan sahabat yang kamu percaya, dengan begitu kamu kan merasa didengarkan dan diberikan sedikit motivasi.


5. Cara Menghilangkan Stres Dengan Mendengarkan Musik


Salah satu cara penghilang stres yang paling praktis dan mudah dilakukan adalah mendengarkan musik. Musik yang bisa kamu dengarkan adalah musik bernada lembut ya, karena jika mendengar musik yang bernada keras akan membuat kamu semakin terganggu dan stres kamu akan bertambah.


6. Cara Menghilangkan Stres Dengan Memelihara Binatang


Cara ini bisa dilakukan untuk menghilangkan stres. Memelihara hewan seperti kucing, anjing, hamster, ikan dan lainnya bisa membuat kamu memiliki teman terdekat. Kehadiran hewan ini bisa membuat kamu menjadi lebih tenang karna hewan memiliki paras yang lucu dan dipercaya bisa merasakan perasaan manusia.


7. Cara Menghilangkan Stres Dengan Mengatur Pola makan dan Tidur


Pola makan dan tidur yang kurang baik menjadi salah satu faktor timbulnya stres pada diri kamu. Untuk menghilangkan stres tersebut kamu harus pintar lagi dalam mengatur jam makan dan tidur. Makanlah makanan sehat yang mengandung serat, protein dan vitamin dan tidur diwaktu yang tepat agar tubuh selalu bugar dan terhidar dari stres.


8. Cara Menghilangkan Stres Dengan Meminum Teh Hijau


Teh hijau sudah dikenal sebagai minuman paling sehat didunia. Kamu bisa meminum teh hijau hangat saat kamu sedang mengalami stres. Harum dan rasa yang khas dari teh hijau bisa membuat kamu tenang dan menghilangkan stres yang kamu hadapi.


9. Cara Menghilangkan Stres Dengan Menghirup Aromaterapi


Aromaterapi dipercaya bisa menghilangkan stres. Berbagai macam harum yang ditimbulkan bisa membuat kamu rileks dan melupakan sebentar kejenuhan kamu. Pilihlah aroma yang kamu suka, dengan begitu kamu akan merasa nyaman dan tenang.


10. Cara Menghilangkan Stres Dengan Berlibur


Berlibur bisa menjadi cara paling ampuh untuk menghilangkan stres. Kamu bisa memberikan diri kamu kesempatan untuk merasakan kebebasan dengan cara pergi berlibur sendiri atau bersama sahabat. Banyak hal yang bisa kamu lakukan saat berlibur, seperti menghabiskan waktu bersama sahabat, karaoke, makan bersama keluarga dan hal menyenangkan lainnya.


11. Cara Menghilangkan Stres Dengan Mengonsumsi Cokelat


Sudah tidak asing lagi jika memakan coklat bisa menghilangkan stres. Rasa coklat yang manis bisa membuat kamu lebih tenang dan mengubah mood kamu lebih positif. Jika bosan dengan coklat yang itu-itu saja, kamu bisa mengonsumsi yang mengandung coklat, seperti kue, puding dan es krim.



Simak Video "Blush On Wardah, Membuat Wajah Cerah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)