30 Kegiatan Sehari-hari dan Urutannya yang Paling Bisa Sebarkan Corona

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 13 Jun 2020 08:00 WIB
Foto: iStock/30 Kegiatan Sehari-hari dan Urutannya yang Paling Bisa Sebarkan Corona Foto: iStock/30 Kegiatan Sehari-hari dan Urutannya yang Paling Bisa Sebarkan Corona
Jakarta -

Bahaya pandemi Corona masih terus menghantui hingga saat ini meski jumlah penderita baru sudah menurun jumlahnya. Kini pun dunia mulai memasuki era new normal dan beberapa tempat sudah dibuka.

Memasuki era new normal ini, kamu perlu mengetahui kegiatan apa saja yang berisiko tinggi dan rendah untuk mencegah penyebaran virus Corona. Situs Mlive mewawancarai sejumlah dokter di Michigan, Amerika Serikat untuk memberikan paparan mengenai kegiatan dan lokasi aktivitas yang berpotensi menyebarkan corona. Para dokter itu di antaranya pakar penyakit infeksi menular Dr. Matthew Sims, direktur pencegahan infeksi Dr. Dennis Cunningham, pakar penyakit infeksi Dr. Mimi Emig, dan direktur pencegahan infeksi Dr. Nasir Husain. Dokter-dokter tersebut memberi peringkat pada 30 kegiatan yang biasanya kita lakukan, seberapa besar risiko kegiatan tersebut menjadi sumber penyebar COVID-19. Berikut ini daftar 30 kegiatan sehari-hari dan tingkat risikonya menyebarkan virus Corona:

Tingkat Risiko: 9

1. Bar
Para ahli setuju bahwa bar adalah tempat yang paling berisiko untuk menularkan COVID-19. Saat berada di bar, banyak orang yang tidak akan mengenakan masker, terutama ketika orang tersebut mabuk. Saat seseorang mabuk, mereka tidak akan mematuhi aturan-aturan yang ada. Itulah mengapa bar lebih berbahaya dari restoran.

2. Konser Musik
Konser musik besar yang diadakan dapat menjadi sarang penyebaran virus. Menurut Dr. Mimi Emig, pensiunan spesialis penyakit menular Spectrum Health mengatakan bahwa bernyanyi adalah cara yang sangat efektif untuk menyebarkan virus. Sehingga ketika orang berbicara atau bernyanyi dengan keras, itu akan berpotensi untuk menyebarkan lebih banyak virus ke lingkungan sekitarnya dan meningkatkan risiko infeksi COVID-19.

Tingkat Risiko: 8

3. Stadion Olahraga
Hampir sama seperti konser, stadion olahraga juga dipenuhi oleh banyak orang. Orang-orang juga cenderung akan bersorak, berteriak, dan bernyanyi dengan kencang yang membuat penyebaran COVID-19 menjadi lebih mudah.

4. Gym
Di tempat gym orang akan mengeluarkan lebih banyak sekresi pernapasan. Selain itu juga sulit untuk berolahraga sambil mengenakan masker. Cobalah untuk berolahraga dengan menggunakan peralatan individu dan membersihkannya setelah digunakan. Sebisa mungkin hindari kegiatan kelompok dalam ruangan.

5. Taman Hiburan
Banyak tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah taman menjadi sumber penyebaran virus Corona. Taman perlu membatasi jumlah orang, menerapkan jarak sosial, serta membersihkan alat atau wahana setelah digunakan oleh setiap orang.

6. Gereja
Menurut para dokter di Michigan, Amerika Serikat penyebaran virus Corona dipercaya ada yang berasal dari gereja. Risiko penyebaran di Michigan, Amerika Serikat menurut mereka dapat dikurangi dengan mengatur kursi agar lebih berjarak antara satu orang dengan lainnya dan memastikan semua orang yang datang melakukan tindakan pencegahan serta menggunakan masker.

7. Makanan Prasmanan
Makanan prasmanan lebih berbahaya dibandingkan dengan restoran biasa. Prasmanan akan memungkinkan orang-orang berkumpul dan berbagi peralatan saji. Tentu saja hal itu bisa meningkatkan risiko penyebaran COVID-19.

Tingkat Risiko: 7

8. Bermain Basket
Para ahli sepakat bahwa sebagian besar kegiatan di luar ruangan berisiko rendah, kecuali bermain basket. Bermain basket membutuhkan kontak langsung antara para pemainnya. Selain itu, para pemain biasanya akan menolak untuk menggunakan masker. Namun jika kamu bermain basket dengan orang-orang yang melakukan isolasi diri bersamamu di rumah maka risikonya akan lebih rendah.

9. Kolam Renang Umum
Kamu tidak akan mengenakan masker saat berenang bukan? Walaupun kita tidak memiliki data yang cukup kuat mengenai penyebaran COVID-19 melalui kolam renang, namun menggunakan kolam renang pribadi akan jauh lebih aman dibandingkan kolam renang umum.

10. Sekolah
Sekolah memiliki banyak faktor rumit terkait penyebaran COVID-19. Para siswa sering berada dalam jarak kurang dari 2 meter dan berjam-jam pada ruangan yang sama. Jika sekolah sudah kembali dibuka maka akan lebih aman jika para siswanya mengikuti tindakan pencegahan seperti melakukan jarak sosial, mengenakan masker, dan rutin mencuci tangan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3