Jika Seseorang di Rumah Kena COVID-19, Ini yang Harus Kamu Lakukan

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 08 Apr 2020 18:53 WIB
Adult woman and little boy in medical masks showing stop gesture and looking at camera during coronavirus epidemic against gray background (Foto: Getty Images/iStockphoto/evgenyatamanenko)
Jakarta -

Tak lama setelah WHO mengumumkan COVID-19 sebagai pendemi, Economist Intelligence Unit (EIU) memprediksikan hampir setengah populasi di dunia bisa terinfeksi virus Corona. Itu artinya, besar kemungkinan orang-orang terdekat kita atau bahkan kita sendiri termasuk di dalamnya. Lantas jika orang yang tinggal serumah terkena virus Corona, apa yang perlu dilakukan?

Sejak virus Corona mulai mewabah di Tanah Air, pemerintah gencar mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing atau pembatasan sosial dengan bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Tujuannya untuk menekan penularan virus mematikan tersebut.

Pembatasan sosial juga bisa dimaknai sebagai karantina diri yang wajib dilakukan oleh mereka yang terinfeksi virus tersebut. Jika kebetulan ada anggota keluarga yang tinggal serumah terkena virus corona, maka ia perlu mengisolasi diri.



Meski berada di bawah satu atap, Anda tidak perlu panik tapi harus tetap wawas diri. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan bila orang di rumah terkena virus Corona:

1. Sebagaimana saran para pakar kesehatan di University of Nevada, Las Vegas School of Public Health, Anda harus tetap mempraktikan social distancing meski di dalam rumah sekalipun setidaknya selama 14 hari. Jaga jarak antar sesama anggota keluarga di rumah, terutama dengan mereka yang terinfeksi virus Corona. Pastikan ada jarak minimal 1-2 meter.

2. Sangat dianjurkan untuk tidak tidur sekamar dengan anggota keluarga yang sakit atau positif terjangkiti virus Corona. Jika memungkinkan, tidurlah di kamar yang terpisah.

3. Selalu jaga kebersihan diri. Biasakan untuk selalu cuci tangan secara rutin.

4. Hindari pemakaian barang, terutama peralatan makan, yang sama. Usahakan memiliki peralatan makan masing-masing.

5. Bersihkan selalu benda-benda yang paling sering dipegang, seperti gagang pintu, remot televisi, keran dan saklar lampu. Anda bisa menggunakan disinfektan buatan sendiri.


Mereka yang terinfeksi tak selalu menunjukkan gejala-gejala COVID-19. Jika anggota keluarga di rumah mulai sakit ringan karena virus corona, maka Anda perlu mempraktikkan hal berikut:

1. Isolasi orang tersebut di ruang yang terpisah.

2. Biarkan satu orang di rumah yang merawat 'pasien' untuk meminimalisir penularan ke anggota keluarga yang lain.

3. Selalu gunakan masker di rumah. Jika tidak punya, bisa gunakan tisu untuk menutup mulut ketika bersin dan batuk.

4. Bila memungkinkan, buka jendela atau pintu sesekali untuk menjaga sirkulasi udara.

5. Hubungi tenaga medis bila gejala semakin berat. Di Indonesia, pemerintah menyediakan hotline 119.



Simak Video "Unik! Kelompok Selam Ini Ubah Sampah Botol Plastik Jadi Masker Wajah"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)