Seperti Ini Jadinya Saat Robot Gantikan Tim Medis Rawat Pasien Corona

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 08 Apr 2020 15:03 WIB
Robot menolong tenaga medis di Rumah Sakit Circolo, Varese, Italia. Robot rawat pasien corona di Italia. Foto: REUTERS
Jakarta -

Dokter dan para tenaga medis menjadi lini terdepan dalam menangani kasus COVID-19. Untuk meringankan tugas dan menyelamatkan para tenaga medis yang bertugas, kini diciptakan robot khusus untuk membantu dalam merawat pasien virus Corona.

Robot berwarna putih ini dengan sigap membantu para dokter dan tenaga media yang berada di kota Varese, Italia. Robot tersebut memeriksa pasien yang menderita COVID-19.

Menurut data di WHO per 6 April 2020, Italia sudah ada 128.948 kasus positif, ada 4.316 kasus terbaru dan 15.889 orang meninggal dunia karena COVID-19. Italia juga masih memberlakukan lockdown dan social distancing guna melawan menyebaran COVID-19. Selain itu, puluhan dokter dan perawat pun meninggal dunia ketika berjuang menyelamatkan ratusan ribu pasien virus corona.

Robot menolong tenaga medis merawat pasien corona di Rumah Sakit Circolo, Varese, Italia.Robot menolong tenaga medis merawat pasien corona di Rumah Sakit Circolo, Varese, Italia. Foto: REUTERS



Asosiasi tenaga medis Italia mengatakan pada Jumat (3/4/2020) bahwa setidaknya ada 70 orang tenaga medis yang meninggal sejak negara beribukota Roma itu mencatat secara resmi kasus kematian akibat virus corona pada 21 Februari 2020. Oleh karena itu dengan kehadiran robot ini bisa membantu dokter dan perawat di rumah sakit.

Rumah sakit di Varese, Italia telah menerima enam robot berwarna putih yang aktivitasnya menyerupai manusia. Robot-robot tersebut memiliki tangan dan roda agar bisa leluasa bergerak. Robot juga memiliki layar dan berbagai sensor warna hitam tepat di bagian kepalanya.

Robot menolong tenaga medis merawat pasien corona di Rumah Sakit Circolo, Varese, Italia.Robot menolong tenaga medis merawat pasien corona di Rumah Sakit Circolo, Varese, Italia. Foto: REUTERS



"Robot ini adalah asisten yang tak kenal lelah yang tidak bisa terinfeksi, yang tidak bisa sakit," jelas Direktur unit perawatan intensif (ICU) Rumah Sakit Circolo, Francesco Dentali. "Dokter dan perawat telah banyak yang terjangkit virus. Fakta bahwa robot tidak bisa terinfeksi adalah sebuah prestasi yang sangat besar," tambahnya.

Robot menolong tenaga medis di Rumah Sakit Circolo, Varese, Italia.Robot menolong tenaga medis di Rumah Sakit Circolo, Varese, Italia. Foto: REUTERS



Robot-robot ini bisa membuat tenaga medis tidak bersentuhan langsung dengan pasien. Hasil pemeriksaan robot terhadap pasien dilakukan tenaga medis di luar ruangan ICU. Para tenaga medis juga bisa memantau secara detail tanda atau sinyal vital pasien pada layar komputer di ruangan terpisah.




Simak Video "Wow! Ada Sarung Tangan Mirip Kulit Manusia untuk Cegah Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)