5 Cara Efektif Membersihkan Rumah untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Vina Oktiani - wolipop Sabtu, 14 Mar 2020 15:04 WIB
Bersihkan dapur Cara Membersihkan Rumah untuk Cegah Penularan Virus Corona. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Peningkatan status Covid-19 atau virus Corona menjadi pandemi tentunya membuat banyak orang menjadi lebih ketat dalam menjaga kebersihan dan kesehatannya. Seperti yang telah banyak diberitakan, virus Corona dapat dihindari dengan cara rajin mencuci tangan, menjaga kebersihan, dan kesehatan. Namun tidak hanya kebersihan tubuh yang perlu dijaga, melainkan kebersihan lingkungan, seperti tempat tinggal juga penting untuk dilakukan. Agar dapat terhindar dari bahaya infeksi virus Corona, seperti dikutip dari Business Insider, berikut ini 5 cara membersihkan rumah untuk cegah penyebaran virus Corona.

1. Bersihkan Terlebih Dahulu Sebelum Memakai Disinfektan

5 Cara Efektif Membersihkan Rumah untuk Cegah Penyebaran Virus CoronaFoto: iStock


Cara membersihkan rumah untuk cegah penyebaran virus Corona yang pertama adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu dari debu dan kotoran yang menempel pada bagian luar sebelum menggunakan disinfektan. Keduanya sama-sama bisa mengurangi risiko penyebaran infeksi, namun tetap saja kamu disarankan untuk melakukan pembersihan terlebih dahulu sebelum menggunakan cairan disinfektan. Jika kamu menggunakan cairan disinfektan maka pastikan kamu juga sudah membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan, karena beberapa disinfektan perlu didiamkan tetap basah selama 2 hingga 10 menit.

2. Gunakan Pembersih dan Cairan Disinfektan Rumah Tangga
Cara membersihkan rumah untuk cegah penyebaran virus Corona yang kedua adalah dengan menggunakan pembersih serta cairan disinfektan rumah tangga pada area-area yang sering disentuh. Misalnya, meja, gagang pintu, saklar lampu, dan toilet. Sebelum menggunakan cairan disinfektan, pastikan kamu telah membersihkan atau mencucinya terlebih dahulu menggunakan sabun dan air.

Sebagai disinfektan, kamu bisa menggunakan cairan yang mengandung setidaknya 70% alkohol, disinfektan yang terdaftar di EPA, atau larutan disinfektan rumah tangga yang diencerkan. Jangan pernah menggunakan produk yang kadaluarsa. Selain itu kamu juga tidak diperkenankan untuk mencampur cairan disinfektan dengan bahan pembersih lainnya. Biasanya merek disinfektan, seperti Lysol dan Clorox sudah terdaftar di EPA. CDC lebih menyarankan untuk membuat cairan disinfektan sendiri dengan mencampurkan 5 sendok makan cairan disinfektan pada 1 galon air atau 4 sendok teh disinfektan pada 1 liter air.

3. Gunakan Sarung Tangan dan Perhatikan Ventilasi Udara Saat Bersih-bersih

5 Cara Efektif Membersihkan Rumah untuk Cegah Penyebaran Virus CoronaFoto: iStock


Cara membersihkan rumah untuk cegah penyebaran virus Corona yang ketiga adalah dengan menggunakan sarung tangan dan memperhatikan ventilasi udara saat melakukan bersih-bersih. CDC menyarankan untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai dan segera lepaskan setelah selesai menggunakannya. Namun jika kamu menggunakan sarung tangan yang bisa dipakai berkali-kali maka jangan menggunakan sarung tangan tersebut untuk tujuan yang berbeda. Setelah menggunakannya, sebisa mungkin lepaskan dengan berhati-hati, jangan sampai bagian luarnya terkena kulitmu, lalu segeralah mencuci tangan dengan bersih.

4. Cuci Baju dengan Air Hangat
Cara membersihkan rumah untuk cegah penyebaran virus Corona yang keempat adalah dengan mencuci baju atau barang-barang lainnya dengan menggunakan air paling hangat yang bisa digunakan. Kamu tidak perlu menggoncangkan atau mengocok pakaian kotor yang akan dicuci karena hal tersebut justru dapat membuat virus menjadi tersebar melalui udara. Jika ingin mencuci atau membersihkan baju dan barang-barang lainnya, kamu cukup mencucinya dengan bersih menggunakan air terhangat yang bisa digunakan lalu biarkan mengering setelahnya. Jika kamu tidak menggunakan sarung tangan saat mencuci maka pastikan kamu tidak lupa untuk mencuci tangan setelahnya. Kamu juga perlu rutin mencuci keranjang cucian tempat meletakkan pakaian kotor karena benda t ersebut juga dapat menjadi sarang kuman dan virus.

5. Bersihkan Peralatan Elektronik

5 Cara Efektif Membersihkan Rumah untuk Cegah Penyebaran Virus CoronaFoto: businessinsider


Cara membersihkan rumah untuk cegah penyebaran virus Corona yang terakhir adalah dengan membersihkan peralatan elektronik, terutama yang sering digunakan, seperti ponsel dan tablet. Menurut CDC, ponsel dan tablet adalah peralatan elektronik yang paling sering digunakan atau disentuh. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan benda-benda tersebut. Namun kamu tidak bisa sembarangan membersihkan peralatan elektronik yang kamu miliki.

Sangat tidak disarankan menggunakan alkohol, disinfektan, atau semprotan dengan kandungan serupa karena kandungann-kandungan tersebut justru dapat merusak lapisan pelindung di layar ponselmu. Sebaiknya matikan terlebih dahulu posel sebelum dibersihkan, lalu cukup gunakan kain mikrofiber yang telah dibasahi sedikit dengan sabun dan air. Gunakan kain tersebut untuk membersihkan ponsel dan tablet yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan perangkat sanitasi UV, yang memancarkan sinar UV-C ke ponselmu untuk membunuh kuman.



Simak Video "Bikin Haru! Sepasang Dokter Rela Tunda Nikah Demi Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)