Anak undip Viral Setelah Beratnya Turun Dratis, Transformasinya Bikin Kaget

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 12 Mar 2020 07:00 WIB
amal roem Foto Amal zaman SMA yang memiliki bobot 113kg dan kini jadi 74kg. Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Baru-baru ini warganet di Twitter dihebohkan oleh postingan pria dengan nama akun @bukanmagadir yang mengunggah foto transformasi dirinya setelah mengalami penurunan berat badan. Bobot pria yang diketahui seorang mahasiswa itu turun drastis hingga membuat netizen pangling dan mengiranya melakukan operasi plastik.

"[ HOW I EXPRESS LOVE TO MYSELF AND HOW PUBERTY HIT ME LIKE A TRUCK ] Sebuah utas tentang gimana gue memperbaiki diri sebagai bentuk self love dan survive dari bullyan in "a good ways" A THREAD," demikian akun @bukanmagadir menulis di Twitter pada Selasa (10/3/2020).

Dari unggahannya itu @bukanmagadir juga mengunggah perubahan penampilannya saat SMA kelas satu dan ketika sudah turun berat badan di semester empat perkuliahannya. Dari foto yang diunggahnya itu lah netizen terkaget-kaget melihat transformasinya.



"kek jd oprasi plastik gt bang, beda bgt omaigatt," tulis netizen. "Pasti orang yang nolak dia dulu sekarang nyesel karena sekarang doi uwuu parah," tulis netizen lainnya.

Dikonfirmasi Wolipop, pria di balik akun Twitter @bukanmagadir yang tweetnya mengenai transformasi penampilannya viral itu mengaku nama lengkapnya adalah M. Ikhlasul Amal Roem. Amal, demikian dia biasa disapa saat ini berstatus sebagai mahasiwa Universitas Diponegoro (UNDIP).

"Foto di thread itu kebetulan yang SIM itu kelas 2 SMA kalau yang bawah itu kelas 1 SMA. Nah yang 2 versi "baru" itu belom lama Februari sama Maret tahun ini," kata Amal yang berasal dari Pekalongan itu kepada Wolipop, Rabu (11/3/2020).

Melalui Twitter, Amal pun berbagi cerita bagaimana dia bisa menurunkan berat badannya cukup banyak. Sebelumnya Amal menjelaskan bahwa keluarganya memang memiliki badan bongsor. Jadi penampilannya saat SMA itu sebuah kewajaran dalam keluarganya. Apalagi menurutnya waktu kecil dia dimanjakan dan kerap makan banyak.

Anak undip Viral Setelah Beratnya Turun Dratis, Transformasinya Bikin KagetFoto Amal Zaman SMA memiliki bobot 113kg. Foto: Dok. Pribadi Amal.


Amal mulai merasakan efek dari kelebihan berat badannya saat SMP. Dia mendapat bullying dari teman-temannya. "Bullying berlanjut ampe SMA, paling parah bullying dari kakak kelas sih. Mikir kesehatan plus pengen "dihargai" juga, akhirnya gue memutuskan buat diet sebagai bentuk self love," tulisnya.

Amal kemudian menjelaskan dengan detail cara-cara yang dilakukannya untuk menurunkan berat badan dan membuat penampilannya jadi berbeda. Selain diet dan olahraga, salah satu saran darinya adalah membeli baju yang ukurannya lebih kecil dari yang biasa dipakai.

"SELALU BELI PAKAIAN YANG LEBIH KECIL aka 1-2 NOMOR DI BAWAH ASLINYA rada konyol, tapi ini bikin gue kepacu buat berubah juga. Gue tiap beli selalu ukurannya kekecilan biar kepacu bahwa "suatu saat gue bisa tuh make tuh pakaian". nyiksa? jujur iya karena melatih kesabaran :)," tulisnya.

Anak undip Viral Setelah Beratnya Turun Dratis, Transformasinya Bikin KagetFoto Amal Zaman SMA yang memiliki berat baran 113kg. Foto: Dok. Pribadi Amal.



Untuk urusan diet atau pola makan, Amal menerapkan prinsip menghitung kalori. Dia selalu menjaga asupan makanan hariannya tidak lebih dari 1250 kalori. "Ngomongin soal makanan yang masuk, bukan berarti lo gabisa makan enak. Lo tetep bisa makan kok asal ga berlebihan. Pas dulu diet gitu, gue makan ga pake micin garem enak enak aje sih btw. Terus beli jus gulanya dikit aja. gitula pokoknya. intinya NGITUNG KALORI YANG MASUK," jelasnya.

Untuk olahraga, Amal membiasakan diri berjalan kaki ke kampus yang jaraknya sekitar 10 menit dari kos-kosannya. Dia juga mencoba melakukan latihan angkat beban.

"FYI, LO ANGKAT BEBAN KALAU BENER PEMBAKARAN BAKAL TERJADI SAMPAI BERJAM" BERIKUTNYA dan yah, gue ngegym sore sih biasanya which is 2 - 3 jam abis makan siang. Soalnya paling efektif di waktu itu, yang mana perut udah enakan gitu," tulis Amal lagi.

Buat kamu yang mau lebih jelas bagaimana Amal bisa bertransformasi bisa simak tweetnya berikut:





Simak Video "Blush On Wardah, Membuat Wajah Cerah dan Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)