Ini Penyebab Badan Pegal Saat Bangun Tidur Menurut Dokter

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 06 Mar 2020 06:01 WIB
The legs of a beautiful young woman sleeping in bed in the morning Penyebab Badan Pegal Saat Bangun Tidur. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pernahkah kamu merasakan badan pegal saat bangun tidur di pagi hari? Badan pegal setelah bangun tidur memang kerap kali terjadi. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan badan pegal di pagi hari. Menurut dokter Heriawan, penyebab nyeri otot atau pegal di pagi hari tergantung pada faktor usia pasien.

"Tergantung yang merasakannya di usia berapa. Kalau yang merasakannya di usia muda barangkali berbeda dengan yang usia tua. Yang satu mungkin bisa ada penyakit, yang satu nggak ada penyakit," ujar Dr. dr. C. Heriawan Soejono, Sp. PD., K. Ger., M. Epid, saat ditemui dalam acara perkenalan Ensure terbaru di The Hermitage Hotel, Menteng pada Kamis (5/3/2020).

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dan konsultan geriatri itu, badan pegal saat bangun tidur hingga terasa remuk tidak selalu berhubungan dengan penyakit otot yang mungkin diderita. Rasa sakit tersebut bisa saja karena posisi yang salah saat sedang tidur.

Ini Penyebab Badan Pegal Saat Bangun Tidur Menurut DokterFoto: Piar Consulting

"Biasanya begini, kalau kita tidur itu kan berarti kita nggak bisa mengendalikan posisi kan. Kita nggak tahu, orang namanya nggak sadar. Kalau ternyata satu atau dua jam terakhir tidur itu kita berada pada posisi yang itu-itu aja ketika bangun sadar mau digerakkan di awal ya sakit lah," jelas dokter Heriawan.


Oleh karena itu sang dokter menganjurkan untuk bergerak secara rutin agar dapat membuat otot tetap lentur dan tidak kaku.

"Orang yang tiga kali 24 jam diam begini aja terus, terus setelah tiga kali 24 jam dia harus meluruskan lengannya, itu nggak bisa langsung," tambah dokter Heriawan.

Sang dokter menjelaskan bahwa jika tubuh tidak digerakkan selama beberapa jam lalu kemudian tubuh ingin kembali digerakkan, maka hal itu dapat menyebabkan kaku dan rasa nyeri. Namun selain faktor tersebut, badan pegal-pegal saat bangun tidur dan punggung sakit bisa juga disebabkan karena adanya penyakit sendi.

"Nah kalau karena ada penyakit sendi memang sering terjadi pada pagi hari itu kambuhnya atau paling terasanya," jelas dokter Heriawan.

Jangan sembarangan meminum obat tanpa terlebih dulu berkonsultasi ke dokter ketika merasakan badan pegal saat bangun tidur. Untuk mengetahui benar penyakit sendi apa yang mungkin di derita, dokter Heriawan lebih menyarankan agar memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Dengan melihat dan memegang secara langsung barulah dokter dapat memprediksi dengan jelas penyakit apa yang mungkin diderita.



Simak Video "Gelar Miliarder Kylie Jenner Dicabut oleh Forbes"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)