Riset Ungkap Manfaat Jadi Orang Pintar: Bikin Awet Muda

Vina Oktiani - wolipop Minggu, 16 Feb 2020 06:30 WIB
Beauty concept of asian woman. Foto: iStock
Jakarta -

Penampilan fisik luar kita menunjukkan apa yang sebenarnya kita rasakan. Banyak hal yang bisa membuat seseorang terlihat lebih tua ataupun lebih muda. Biasanya terlihat lebih muda adalah hal yang menjadi dambaan banyak orang. Ternyata terlihat lebih muda juga bisa menunjukkan tingkat kecerdasan yang dimiliki. Bagaimana bisa?

Seperti dikutip dari Brightside, menurut sebuah penelitian, tingkat kecerdasan atau IQ yang dimiliki seseorang bisa berpengaruh pada penampilan fisik seseorang. Penelitian ini cukup menarik dan pertama kali dimulai pada tahun 1957.

Saat itu para peneliti mengukur IQ pada siswa sekolah menengah lalu menanyakan "usia yang mereka rasakan" dari tahun 1992 hingga 1993, dan tahun 2011 saat mereka berusia 70 tahun. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa orang-orang yang memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi cenderung merasa lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya. Lalu bagaimana bisa perasaan mempengaruhi penampilan fisik seseorang?

Perasaan memiliki usia tua dan kurang mampu akan membuat kita menjadi depresi dan rentan terhadap penyakit. Sebaliknya, jika kita merasa memiliki usia yang lebih muda maka kita akan merasa semakin bersemangat untuk melakukan hal-hal apapun.

Hal yang seringkali membuat kita merasa muda adalah karena rasa kagum dan kegembiraan yang dimiliki. Orang-orang yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi cenderung selalu berusaha mencari tahu dan mencoba hal-hal baru, seperti dengan menjelajahi negara-negara baru. Hal ini akan membuatnya tetap aktif dan berenergi karena tentu saja bepergian dan mencoba hal-hal baru jauh lebih baik daripada hanya bersantai dan diam di rumah.

Selain itu, orang yang memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi cenderung akan memikirkan penampilan dan kesehatannya. Mereka akan merawat tubuh dengan sebaik mungkin dan mempertahankan gaya hidup sehat yang dimilikinya. Orang yang pintar tahu bahwa tubuh bisa menderita akibat pilihan buruk yang mereka ambil. Hal ini yang menjadi semangat dan motivasinya.

Berbeda dari orang yang pintar, orang yang memiliki tingkat kecerdasan yang rendah tidak benar-benar bisa memahami hal tersebut. Oleh sebab itu kamu perlu benar-benar memahami tentang hal-hal apa saja yang dapat berbahaya bagi tubuh.

Tidak hanya itu, orang-orang pintar juga cenderung memiliki pendidikan yang baik dan pekerjaan yang bisa menghasilkan banyak uang. Orang-orang yang memiliki penghasilan di atas rata-rata pastinya akan memiliki akses yang lebih baik untuk perawatan medis, kecantikan, banyak mengonsumsi makanan-makanan berkualitas dan bisa sering pergi berlibur. Hal-hal ini yang dapat berdampak bagi penampilan fisik di masa mendatang.

Terakhir, orang-orang pintar yang memiliki IQ lebih tinggi selalu bisa menangani stres yang dihadapinya. Mereka akan lebih fokus untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut dibandingkan dengan merasa depresi untuk segala hal hanya karena masalah tersebut. Mereka juga selalu mempersiapkan diri untuk tantangan-tantangan yang datang bersamaan dengan usia yang semakin menua dan tidak akan merasa rentan terhadap perubahan tersebut. Bagaimana denganmu? Apa kamu merasa lebih muda dari usiamu sebenarnya atau justru sebaliknya?



Simak Video "Tips & Trick Menggunakan Eyeshadow bagi Pemula"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)