Popok Pintar Dirilis, Bisa Beritahu Ibu Saat Popok Bayi Kepenuhan

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 15 Jan 2020 18:15 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Sebuah perusahaan di Miami, Amerika Serikat, bernama Smardii, merilis popok pintar yang dapat mendeteksi jika seseorang telah membuang kotoran. Alat pendeteksi pintar ini bisa dipasangkan pada popok bayi maupun lansia.

Bayi pada umumnya belum bisa berbicara, sehingga alat ini bisa sangat berguna bagi orangtua agar dapat mengetahui kapan harus mengganti popok sang anak. Begitupun dengan lansia, beberapa lansia ada yang mengalami kesulitan untuk berbicara sehingga alat pintar dan canggih ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah kebocoran popok akibat terlalu penuh.
Popok Pintar Dirilis, Bisa Beritahu Ibu Saat Popok Bayi KepenuhanFoto: Instagram @smardiitech

Seperti dikutip Mail Online, popok pintar pendeteksi urin dan kotoran yang disebut 'puck' ini diklaim bisa membuat popok selalu terjaga kebersihannya. Cara kerja alat ini, pengguna perlu memasang puck pada popok sekali pakai yang akan dikenakan.


Sensor pada puck kemudian akan mendeteksi ketika popok telah kotor. Selain itu, alat canggih ini juga dapat memonitor suhu tubuh dan mendeteksi kelainan pada komposisi urin serta melacak berapa lama sejak seseorang telah bergerak untuk mencegah luka.

Beberapa orang mungkin menyepelekan hal ini. Namun sesungguhnya, jika pakaian dalam yang kotor dibiarkan dalam waktu lama maka bisa menyebabkan masalah serius, seperti infeksi, kerusakan kulit, dan lainnya.
Popok Pintar Dirilis, Bisa Beritahu Ibu Saat Popok Bayi KepenuhanFoto: Instagram @smardiitech

Cara kerja alat ini adalah melalui sensornya yang akan dikirimkan ke aplikasi smartphone atau tablet melalui sinyal Bluetooth atau Wi-Fi yang diproduksi oleh Smardii. Canggihnya lagi, aplikasi ini memungkinkan untuk melacak penggunaan popok pada 12 orang tua atau bayi secara bersamaan. Aplikasi popok pintar ini juga bisa menyimpan data selama beberapa minggu atau bulan untuk membantu melacak perubahan pada tubuh yang mungkin terjadi.


Smardii merilis popok pintar ini pertamakali di CES 2020 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat awal Januari 2020. "Smardii membantu ayah dan ibu dan mereka yang merawat orang jompo menghemat waktu karena mereka jadi tidak harus mengecek popok terus-menerus," demikian pernyataan yang ditampilkan di video Smardii.

Simak Video "Louis Partridge, Si Tewksbury yang Curi Perhatian di 'Enola Holmes'"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)