10 Cara Jaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

Hestianingsih - wolipop Rabu, 01 Jan 2020 16:03 WIB
Cara Jaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Tahun Baru 2020 disambut dengan turunnya hujan deras hingga banjir di wilayah Jabodetabek. Untuk mengantisipasi timbulnya penyakit yang kerap muncul di musim hujan dan banjir seperti flu, pilek, masuk angin, demam, dan diare maka daya tahan tubuh harus ditingkatkan.

Menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan tidaklah sulit. Ini 10 cara agar tetap sehat saat hujan.

1. Selalu Sedia Payung

10 Cara Jaga Kesehatan Tubuh di Musim HujanFoto: Rifkianto Nugroho


Agar tetap sehat di musim hujan, pastikan tubuh dan pakaian yang dikenakan selalu kering. Jangan lupa membawa payung kemanapun kamu pergi, meskipun cuaca sedang cerah, karena hujan deras bisa turun kapan saja. Jika perlu pakailah jas atau jaket anti angin dan air ketika bepergian.



2. Lengkapi Asupan Nutrisi

10 Cara Jaga Kesehatan Tubuh di Musim HujanFoto: iStock


Sangat penting memenuhi kebutuhan gizi agar tubuh tetap sehat dan tak mudah terserang penyakit kala hujan. Makanlah buah-buahan beraneka warna yang kaya antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lupa konsumsi nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, serat vitamin dan mineral.

3. Rajin Cuci Tangan

10 Cara Jaga Kesehatan Tubuh di Musim HujanFoto: Frieda Isyana Putri/detikcom


Untuk menjaga tubuh dari penyakit flu, pilek serta batuk, rajin-rajinlah cuci tangan menggunakan sabun setiap kali selesai beraktivitas. Gosokkan sabun ke sela-sela jari tangan, telapak tangan, dan punggung tangan. Keringkan dengan handuk setelah dibilas.

4. Minum Banyak Air Putih

10 Cara Jaga Kesehatan Tubuh di Musim HujanFoto: Instagram


Usahakan tubuh tetap terhidrasi agar sistem imun tetap terjaga. Minumlah air putih minimal 6-8 gelas sehari, lebih disarankan air hangat. Seperti dilansir Asia One, air putih hangat membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga daya tahan tubuh meningkat.



5. Hindari Terlalu Sering Menyentuh Wajah

10 Cara Jaga Kesehatan Tubuh di Musim HujanFoto: iStock


Tangan merupakan 'alat' paling efektif untuk menyebarkan kuman dan virus. Maka dari itu agar tubuh tetap sehat di musim hujan, hindari menyentuh wajah ketika berada di tempat umum, terutama hidung, mata dan mulut. Bawalah selalu tisu atau sapu tangan supaya tangan kamu tak bersentuhan langsung dengan wajah.

6. Hindari Jajanan Kaki Lima

10 Cara Jaga Kesehatan Tubuh di Musim HujanFoto: Vadhia Lidyana


Makan gorengan, cimol, cilok atau tahu bulat mungkin sangat menggoda di musim hujan ini. Tapi kamu justru harus menghindarinya. Makanan yang dijual di pinggir jalan dan dalam tempat terbuka lebih rentan terpapar debu, kotoran dan bakteri. Jangan dulu menyantap camilan tersebut untuk menjaga kesehatan di musim hujan.

7. Hindari Gigitan Nyamuk

10 Cara Jaga Kesehatan Tubuh di Musim HujanFoto: (iStock)


Populasi nyamuk biasanya meningkat di musim hujan, dan beberapa jenis bisa menyebarkan penyakit, seperti demam berdarah. Untuk mengontrol dan menghindari gigitan nyamuk, bersihkan tempat-tempat yang paling sering jadi sarangnya, seperti kolong tempat tidur, tirai jendela, kamar mandi, juga pot bunga. Selalu sediakan losion antinyamuk atau rebus serai agar aromanya membuat nyamuk menjauh.

8. Minum Teh Herbal

10 Cara Jaga Kesehatan Tubuh di Musim HujanFoto: iStock


Bahan-bahan herbal seperti jahe, kencur, kayu manis, cengkeh dan daun mint bisa memberi kehangatan sekaligus menjaga imunitas tubuh. Kamu bisa meracik sendiri teh herbal dengan memasukkan berbagai rempah tersebut ke dalam air teh panas, atau merebusnya terlebih dahulu.

9. Oles Minyak Kayu Putih

10 Cara Jaga Kesehatan Tubuh di Musim HujanFoto: Thinkstock


Minyak kayu putih memiliki khasiat menghangatkan tubuh, melegakan pernapasan dan membuat tubuh lebih relaks yang tentu bisa berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Oleskan minyak kayu putih di perut, dada, telapak kaki dan tengkuk leher.

10. Perbanyak Asupan Vitamin C

10 Cara Jaga Kesehatan Tubuh di Musim HujanFoto: iStock


Vitamin C merupakan antioksidan terbaik untuk daya tahan tubuh. Perbanyak asupan vitamin C dengan mengonsumsi jeruk, jambu biji, stroberi, brokoli juga pepaya. Mencukupi kebutuhan vitamin C akan menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan.

Demikianlah 10 tips menjaga kesehatan di musim hujan. Lakukan dari sekarang agar tubuh tidak mudah sakit.

Simak Video "Wah! Gibran dan Kaesang Bisnis Jas Hujan"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/eny)