Jatuh Saat Makan Hingga Sumpit Tembus ke Otak, Balita Ini Selamat

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 05 Okt 2019 06:44 WIB
Ilustrasi balita. Foto: Thinkstock Ilustrasi balita. Foto: Thinkstock

Jakarta - Seorang balita yang tinggal di Wuhan, China, mendadak dilarikan ke rumah sakit pada 24 September 2019. Dia mengalami peristiwa mengerikan sumpit masuk ke dalam mulutnya sampai menembus ke otaknya.

Menurut laman Sin Chew Daily, Chenchen (bukan nama sebenarnya) yang baru berusia 17 bulan baru mulai belajar berjalan. Dia pun sedang aktifnya mencoba berjalan hingga saat makan juga tidak bisa diam. Suatu malam saat makan malam, orangtuanya menyuapinya sambil dia berjalan ke sana ke mari di rumahnya.

Tiba-tiba saja peristiwa mengerikan itu terjadi. Chenchen terjatuh dengan wajah menyentuh lantai. Akibatnya sumpit yang dipegangnya masuk ke dalam mulutnya hingga menembus otaknya.

Jatuh Saat Makan Hingga Sumpit Tembus ke Otak, Balita Ini SelamatFoto: dok. Daily/Asia News Network
Chenchen langsung dilarikan ke rumah sakit di mana dokter segera memeriksa melalui CT scan padanya. Tim dokter kemudian mengatur agar ia menjalani operasi dengan cepat. Dokter mengungkapkan bahwa 2 cm dari sumpit tersebut telah menusuk cerebellumnya atau bagian dari otak yang bertanggungjawab untuk gerakan motorik. Sumpit juga menembus area vena jugularis interna yang bertanggungjawab mengalirkan darah dari otak, wajah bagian dalam dan leher.

Menurut dokter Chenchen cukup beruntung sumpit itu tidak sampai menembus ke batang otaknya. Kalau sampai terjadi nyawanya sulit diselamatkan.

Kini Chenchen masih menjalani pengobatan di unit perawatan intensif. Dia masih harus melalui risiko terkena infeksi intrakranial, infeksi yang dapat mengenai selaput meninges ataupun otak.

Setelah kejadian tersebut, dokter mengingatkan kepada para orangtua untuk menjaga dan lebih mengawasi anak pada saat sedang makan. Apalagi rumah sakit setempat telah menerima sekitar 10 kasus serupa dalam setahun belakangan, menurut laporan dari ET Today.

Jatuh Saat Makan Hingga Sumpit Tembus ke Otak, Balita Ini SelamatFoto: dok. Daily/Asia News Network


Simak Video "Makin Mirip Manusia, Ada Boneka Seks dengan Fitur AI"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)