Viral KKN di Desa Penari, Ini Manfaat Cerita Horor untuk Kesehatan Wanita

Anggi Mayasari - wolipop Sabtu, 31 Agu 2019 17:04 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Cerita horor KKN (Kuliah Kerja Nyata) di desa Penari tengah ramai diperbincangkan dan jadi viral di media sosial. Kisah yang menceritakan tentang sekelompok mahasiswa yang diganggu oleh jin di desa setempat saat mengerjakan tugas pengabdian masyarakat itu pun menimbulkan ketakutan bagi para pembacanya.

Meskipun selalu bikin merinding ketakutan, rupanya membaca cerita horor memiliki manfaat bagi kesehatan dan kejiwaan wanita. Seperti dikutip dari geniusbeauty, ternyata film dan cerita horor serta thriller sangat baik untuk wanita.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa cerita yang menegangkan memiliki dampak positif untuk psikologi dan membantu wanita mendapatkan pengalaman hidup yang berharga. Jika kamu merasa ketakutan setelah membaca cerita horor KKN di Desa Penari, itu hanya karena fobia yang berlebihan.



Saat otak bereaksi pada sebuah keadaan yang berbahaya atau menegangkan, otak akan menghasilkan energi tambahan yang diarahkan pada keaktifan neurotransmiter (glutamat, dopamin dan serotonin). Akibatnya, tubuh berada dalam keadaan waspada untuk beberapa waktu.

Selain itu, sinyal ancaman yang melewati hypothalamus (bagian otak yang berkaitan dengan sistem glandular di tubuh) akan menstimulasi kelenjar adrenal untuk memproduksi adrenalin, kemudian menghasilkan opiates, yang ternyata memiliki efek anestesi (pembiusan). Saat reaksi phobic menurun di titik ini, akhir cerita horor bisa memberikan pengalaman positif yang adaptif saat wanita menghadapi sebuah situasi serius atau bahaya.



Setelah semua ketegangan dan rasa waspada yang kamu rasakan, satu setengah jam setelah cerita berakhir, sistem tubuh pun menjadi lebih tenang. Pada saat itulah sistem imun menjadi lebih kuat untuk sementara waktu.

Jika kamu merasa akan mengalami ketakutan parah, tidak disarankan untuk membaca cerita horor. Namun, jika kamu cukup berani tidak ada salahnya untuk mencoba membaca cerita atau menonton film horor karena ada manfaatnya bagi kesehatan



Simak Video "Kisah Bule Cantik Kecanduan Tanning, Kulitnya Jadi Hitam Legam"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/eny)