Kebiasaan Pakai Kuncir Rambut di Tangan, Syaraf Wanita Ini Rusak Permanen

Hestianingsih - wolipop Jumat, 02 Agu 2019 17:41 WIB
Ilustrasi wanita mengalami sakit di tangan. Foto: iStock
Jakarta - Siapa sangka kebiasaan yang terkesan sepele ternyata bisa membahayakan kesehatan hingga menimbulkan kerusakan permanen pada tubuh. Wanita asal Kanada ini harus hidup dengan kerusakan syaraf permanen pada lengannya gara-gara satu hal 'sepele', memakai kuncir rambut di pergelangan tangan.

Lisa, tidak pernah menyangka, kalau kebiasaannya memakai kuncir rambut di tangan selama bertahun-tahun bisa berdampak cukup parah di usia tua. Wanita 47 tahun ini memang 'hobi' memakai kunciran di tangan untuk memudahkannya mengikat rambut setiap waktu.

Terhitung selama 30 tahun, tangan Lisa tak pernah lepas dari kunciran rambut. Sampai ia merasakan sakit yang menusuk dan tak tertahankan pada pergelangan tangan, dan setelah diperiksa oleh dokter, terungkap bahwa itu adalah carpal tunnel syndrome (CTS).


Kebiasaan Pakai Kuncir Rambut di Tangan, Syaraf Wanita Ini Rusak PermanenLisa mengurangi kerusakan syaraf permanen karena selalu pakai ikat rambut di tangan. Foto: istimewa

CTS merupakan penyakit di pergelangan tangan yang disebabkan tekanan terus-menerus, yang menyebabkan nyeri, kebas hingga kesemutan secara konstan.

Awalnya ibu empat anak ini mengira dirinya mengalami arthritis atau radang sendi. Namun sakitnya tak kunjung sembuh, sampai ada seorang pemilik toko menyarankannya untuk melepas kunciran rambut yang dikenakannya di tangan.

"Awalnya aku mengalami cedera otot tendon pada ibu jari dan diagnosanya adalah CTS. Lalu beberapa hari setelahnya aku pergi ke toko dan bilang pada pekerja di sana kalau pergelangan tangan kirik jauh lebih sakit ketimbang tangan kanan, lalu dia menunjuk ikat rambutku dan menyuruhku melepasnya," cerita Lisa, seperti dikutip dari Metro.
Kebiasaan Pakai Kuncir Rambut di Tangan, Syaraf Wanita Ini Rusak PermanenIlustrasi ikat rambut. Foto: Dok. Balenciaga

Setelah melepasnya dan kembali memeriksa ke dokter, ternyata yang dialami Lisa tak hanya CTS, tapi masalah syaraf lain. Kebiasaan Lisa yang selalu menaruh kunciran rambut di tangan membuat sirkulasi darah ke area itu terganggu, terjadi peradangan dan kerusakan pada syaraf pusat di tangan.


Bukan hanya sakit yang dirasakannya, tapi terkadang Lisa juga mengalami kebas pada tangan kirinya. Kini dia harus berusaha keras menghentikan kebiasaannya itu agar kondisi tangannya tak bertambah parah.

"Sekarang aku pakai jepit rambut supaya tidak spontan memakai kuncir rambut lagi di tanganku," katanya.

Simak Video "Tips Potong Rambut Anak Tanpa Rewel"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)