Waduh, Kurang Tidur Bisa Bikin Badan Gampang Gemuk

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 21 Jun 2019 19:42 WIB
Ilustrasi wanita mengantuk. Foto: Thinkstock Ilustrasi wanita mengantuk. Foto: Thinkstock

Jakarta - Tanpa kamu sadari, ada beberapa kebiasaan di malam hari yang bisa membuatmu menjadi lebih cepat gemuk. Nah, jika kamu merasa berat badan selalu bertambah, segera periksa kembali kebiasaan tidurmu.

Seperti dikutip Brightside, kurangnya waktu tidur dapat memicu penambahan berat badan. Fakta tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The King's College of London dan Vrije University of Amsterdam pada 2016. Hasil dari penelitian tersebut menyebut bahwa kurang tidur bisa memicu mengonsumsi lebih banyak kalori yang berakhir dengan kegemukan.

Penelitian itu menganalisis 11 studi tentang waktu tidur yang ideal dan kenaikan berat badan. Dari jumlah peserta sebanyak 172 partisipan, beberapa peserta punya kualitas tidur yang buruk selama dua minggu, dan yang lainnya memiliki waktu tidur yang ideal.


Ditemukan bahwa mereka yang kekurangan tidur akan mengonsumi lebih banyak kalori. Ketika begadang, seseorang lebih rentan memilih makan makanan yang berlemak seperti hamburger. Jika kamu memiliki waktu tidur yang kurang ideal, dan makan kalori berlebihan tanpa melakukan aktivitas apapun, jangan heran jika berat badan jadi bertambah.

Para peneliti mengungkapkan, kurangnya waktu tidur akan mengacaukan hormon leptin dan ghrelin. Hormon tersebut bekerja untuk mengatur rasa lapar dan kenyang di dalam tubuh.


Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kurang waktu tidur bisa mengganggu kinerja otak. Berpengaruh pula kepada energi yang akan dikeluarkan keesokan harinya, serta penurunan produktivitas dalam bekerja hingga menjadi lebih emosional. (gaf/hst)
Breaking News
×
Mega-Prabowo Bersua
Mega-Prabowo Bersua Selengkapnya