Mimpi Pria dan Wanita Beda, Ini 5 Fakta Mimpi yang Perlu Kamu Tahu

Silmia Putri - wolipop Senin, 14 Jan 2019 06:50 WIB
Ilustrasi mimpi. Foto: iStock Ilustrasi mimpi. Foto: iStock

Jakarta - Mimpi bisa jadi menyenangkan, sedih, mengharukan, bahkan menakutkan. Banyak yang mengungkap mimpi memiliki arti, ada pula yang menyebut mimpi hanyalah bunga tidur.

Ada beberapa fakta menarik tentang mimpi, mulai dari mimpi yang seringkali tanpa warna hingga jenis mimpi pria dan wanita yang mungkin berbeda. Berikut ulasannya.

1. Mimpi berlangsung 5 menit hingga 2 jam

Setiap orang pernah bermimi, mulai dari bayi hingga dewasa. Mimpi di setiap malam bisa berlangsung hingga dua jam. Dalam rata-rata hidup manusia, waktu bermimpi mencapai 6 tahun.

Sebuah riset mengungkap seseorang bisa memiliki mimpi berbeda pada sekali tidur. Rentang waktu setiap mimpi yang berbeda bisa 5-10 menit.



2. Kita sulit mengingat keseluruhan mimpi

Dilansir dari Verywellmind, kita akan lupa 95% dari mimpi yang kita alami. Menurut penelitian, hal ini diakibatkan oleh kinerja otak yang tidak maksimal ketika kita tertidur.

Jenis mimpi pria dan wanita ternyata berbeda.Jenis mimpi pria dan wanita ternyata berbeda. Foto: iStock


3. Jenis mimpi pria dan wanita berbeda

Para peneliti mengungkap ada perbedaan antara mimpi pria dan wanita. Pria disebut lebih sering bermimpi tentang senjata dan sesuatu yang berbau fisik. Sedangkan perempuan lebih sering bermimpi tentang pakaian dan sesuatu yang berhubungan dengan perasaan.

4. Tidak semua mimpi berwarna

Sebuah survey menyebutkan ada sedikit orang yang mengaku mimpinya berwarna hitam putih saja. Sejumlah responden juga menyebut mimpinya memiliki nuansa warna pastel atau warna-warna lembut.

5. Emosi negatif memengaruhi mimpi

Calvin S. Hall, PhD telah melakukan penelitian selama 40 tahun dan mengumpulkan 50.000 mimpi. Hasilnya, emosi negatif berpengaruh dalam mimpi seseorang. Contohnya perasaan khawatir dan gelisah. Emosi negatif lebih berpengaruh pada mimpi dibanding emosi positif.


(sil/eny)