Jual Ginjal Demi Beli iPhone, Pria Ini Alami Hal Memilukan

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 27 Des 2018 14:42 WIB
ilustrasi ginjal. Foto: Ilustrasi/thinkstock ilustrasi ginjal. Foto: Ilustrasi/thinkstock

Anhui - Pria asal China ini memutuskan untuk menjual ginjalnya demi membeli iPhone. Tapi, setelah menjual ginjalnya pria ini mengalami hal memilukan dan gangguan kesehatan.

Seperti dilansir Oriental Daily, pria bernama Xiao Wang tujuh tahun lalu memilih untuk menjual ginjalnya demi membeli iPhone 4 yang saat itu pertama kali dirilis. Semua remaja termasuk dirinya pada waktu itu benar-benar menginginkan smartphone tersebut.

iPhone 4 pada saat itu merupakan barang yang harus dimiliki di sekolahnya dan siapapun yang memilikinya dianggap istimewa. Xiao Wang yang masih berusia 17 tahun pun tergiur untuk memiliki iPhone 4, tetapi latar belakang keluarganya yang miskin membuat dirinya harus mencari cara lain agar bisa membeli smartphone tersebut.

"Satu ginjal sudah cukup untuk saya, mengapa saya perlu yang lain? Mengapa saya tidak menjualnya saja," terang Xiao.



Xiao mulai berkeliling mencari tempat untuk menjual ginjalnya dan mengetahui ada rumah sakit bawah tanah ilegal, dimana pengambilan ginjal bisa dilakukan. Ia pun mendapatkan 20 ribu yuan atau Rp 46 juta untuk ginjalnya, yang lebih dari cukup untuk membelik iPhone.

Xiao Wang harus menjalani hemodialisis dan hidup di tempat tidur karena infeksi operasi ginjal yang dilakukannyaXiao Wang harus menjalani hemodialisis dan hidup di tempat tidur karena infeksi operasi ginjal yang dilakukannya Foto: Istimewa


Xiao kemudian melakukan perjalanan dari Anhui ke Chenzhou, China untuk operasi dan segera setelah itu membeli iPhone. Pihak rumah sakit bahkan mengatakan kepada Xiao bahwa ia dapat menjalani kehidupan normal lagi setelah satu minggu.



Sayangnya, bekas operasi tidak dibersihkan dengan benar, yang menyebabkan infeksi pada lukanya. Lebih buruk lagi, orang tua Xiao harus bertanggung jawab untuk mengobati penyakitnya karena operasi tersebut. Fungsi ginjal Xiao ternyata sudah sangat parah dan ia menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur.

Keluarga Wang juga jatuh ke dalam krisis keuangan karena harus membayar biaya hemodialisis Xiao Wang. Kini, rumah sakit tempat Xiao menjalani operasi dibawa ke pengadilan dan keluarganya menerima banyak uang sebagai kompensasi. Tetapi, tidak ada yang mengubah fakta bahwa kesehatan Xiao terganggu dan dirinya tidak bisa hidup normal lagi.
(agm/eny)