4 Ritual Pagi yang Bisa Buat Hati dan Pikiran Tenang Sepanjang Hari

Alisa Kintan - wolipop Minggu, 18 Mar 2018 08:25 WIB
Ritual pagi hari. Foto: Thinkstock Ritual pagi hari. Foto: Thinkstock

Jakarta - Apa sih yang biasanya kamu lakukan setiap bangun tidur? Kalau terbiasa cek handphone atau media sosial setiap bangun tidur, lebih baik ubah rutinitas tersebut.

Sejumlah pakar kesehatan holistik dan ahli nutrisi punya cara-cara sendiri yang bisa membawa aura positif, hati dan pikiran lebih tenang di pagi hari. Efeknya bisa dirasakan sepanjang hari, lho!

"Aku mencoba untuk membuat rutinitas pagi yang baik agar dapat membuat hariku lebih positif," ujar ahli kesehatan asal New York, Daphne Javitch.

Nah, supaya kamu bisa membuat ritual pagi yang membuat hati dan pikiran lebih tenang, bisa mengikuti tips-tip ini, yang dikutip dari Vogue.

1. Meditasi
Foto: dok. Thinkstock

Dr Pratima Raichur yang seorang ahli kesehatan Ayurvedic menjelaskan bahwa Ayurvedic merupakan metode pengobatan yang menggunakan cara-cara dan bahan dari alam. Konsep Ayurvedic juga bisa diterapkan di pagi hari agar tubuh dan pikiran lebih tenang.

"Ketika bangun tidur, aku melakukan meditasi pagi," kata Pratima.

Baca Juga: 12 Hal yang Perlu Dilakukan di Pagi Hari agar Anda Selalu Bahagia

2. Buka Jendela
Foto: thinkstock

Menurut ahli medis Cassi Gibson, salah satu yang membuat hidup kita tenang adalah dengan ikut menjaga alam semesta yang kita tinggali ini.

"Di Afrika, ada ritual membersihkan dengan sinar matahari. Setiap pagi, aku membuka jendela agar udara masuk," ujar Cassi.

Ia juga selalu menyirami tanamannya setiap pagi untuk membuat dirinya lebih fokus dan berpikiran tenang. Tanaman hijau yang menyejukkan akan memberi energi positif bagi pikiran dan tubuh.

3. Puasa Makan
Foto: ilustrasi/thinkstock

Daphne Javitch, seorang pakar kesehatan menyarankan untuk berpuasa makan hingga dari pagi hingga menjelang siang. Untuk menggantinya, kamu bisa meminum apapun, mulai dari air putih, green juice, teh atau kopi.

"Keuntungannya adalah dapat memperbaiki sel tubuh, otak, serta mendukung penurunan berat badan, menjaga agar kita tidak dehidrasi serta agar umur kita panjang," ujarnya.

Baca Juga: 5 Gerakan di Pagi Hari Agar Tubuh Tidak Lemas Setelah Bangun Tidur

4. No Gadget
Foto: Rachman Haryanto

Deborah Hanekamp, seorang pakar kesehatan holistik, berusaha menghindari handphone 45 menit setelah ia bangun tidur. Dalam waktu itu ia mencoba untuk berfokus akan tujuannya hari ini. Ia selalu mengingat dalam hati kalau 'cinta dan keseimbangan hanyalah untuknya hari ini'. Cara ini dinilai sangat membantunya untuk memulai hari dengan pikiran yang positif.
(hst/hst)