Muncul Tren Diet untuk Mendapatkan Berat Badan ala Cinderella, Amankah?

Hestianingsih - wolipop Selasa, 27 Feb 2018 19:02 WIB
Foto: Disney Foto: Disney

Jakarta - Media sosial kembali melahirkan tren diet aneh dan bisa berbahaya. Diyakini mulai berkembang di Jepang, kini ada diet yang disebut Cinderella Weight.

Cinderella dan kebanyakan putri-putri Disney selalu digambarkan memiliki tubuh langsing dan pinggang yang sangat kecil. Perawakan seperti Disney Princess tentu tidak realistis di kehidupan nyata.

Tapi beberapa wanita mencoba mendapatkan tubuh ala Cinderella dengan diet sampai mencapai berat tubuh tertentu. Formula untuk mencapai Cinderella Weight adalah dengan mengkalikan tinggi badan dalam meter, lalu dikalikan 18.

Berdasarkan rekomendasi World Health Orgaization, 18 adalah indeks massa tubuh yang sudah masuk kategori underweight atau kekurangan berat badan. Sementara indeks massa tubuh normal antara 18,5 - 25.

Jika ingin menghitung Cinderella Weight, berat badan dalam meter dikalikan dan dikali lagi dengan 18. Misalnya saja berat badan 158 cm, maka diubah dalam meter menjadi 1,58 x 1,58 = 2,4964. Lalu 2,4964 x 18 dan didapatkan hasil 44,9. Maka Cinderella Weight orang tersebut 44,9 kg.
Muncul Tren Diet untuk Mendapatkan Berat Badan ala Cinderella, Amankah?Foto: Instagram

Padahal penghitungan normal untuk berat badan ideal berbeda dari itu. Cara menghitung berat badan ideal adalah tinggi badan (dalam meter) x tinggi badan (dalam meter), lalu dikalikan 20. Misalnya 1,58 x 1,58 = 2,4964. Kemudian 2,4964 x 20 = 49,9. Jadi berat badan ideal adalah 49,9 kg.

Penghitungan lainnya untuk mengetahui berat badan ideal adalah mengurangi tinggi badan dengan 100 atau 110. Untuk wanita tinggi badan (dalam cm) - 110. Sementara pria tinggi badan (dalam cm) - 100. Maka jika tinggi badan wanita 158 cm, seharusnya penghitungannya 158 - 110 = 48. Dengan begitu, Cinderella Weight mengurangi 3-4 kg dari ukuran berat badan ideal.

Tren Cinderella Weight dikhawatirkan bisa memicu gangguan makan terutama pada wanita. Kemunculan tren ini berisiko mendorong banyak wanita terobsesi mencapai berat badan Cinderella dengan cara tidak sehat.

Dilaporkan The Sun, mulai banyak netizen yang mengikuti tren ini. Mereka membagikan berat badan yang sekarang, dan berapa berat yang seharusnya menurut Cinderella Weight.

"Berat badanku harus 38 kg untuk mencapai tubuh seperti Cinderella dan sekarang aku 51 kg. Bunuh saja aku sekarang," cuit netizen di Twitter.

Tapi ada pula netizen yang menganggap tren Cinderella Weight konyol. Sebagian khawatir bisa akan memicu gaya hidup tidak sehat dan memunculkan standar kecantikan yang tidak realistis.

"Konyol. Seorang wanita harus mengangkat semua organ dalamnya untuk mendapatkan pinggang kecil seperti karakter di manga," kata netizen lain.

Bagaimana menurut kamu tren Cinderella Weight ini?
(hst/hst)