Bau Mulut Seperti Ini Bisa Deteksi Masalah Kesehatan yang Anda Alami

Hestianingsih - wolipop Selasa, 22 Nov 2016 12:36 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Bau mulut tak selalu diakibatkan oleh gigi yang tak bersih atau gigi berlubang. Aroma napas tak sedap juga bisa terjadi karena kondisi kesehatan yang kurang baik. Seorang dokter gigi, biasanya bisa mengetahui ada sesuatu yang tak beres dengan organ dalam hanya dengan memeriksa gigi atau jenis bau mulut pasien.

Mulut yang beraroma asam seperti buah-buahan, atau amis seperti ikan mentah bisa jadi pertanda adanya penyakit di dalam tubuh. Dokter bedah mulut Keith Arbeitman, D.D.S., menjelaskan bahwa bau mulut yang masam seperti buah bisa mengindikasikan penyakit diabetes.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Alpukat untuk Mengusir Bau Mulut

"Napas beraroma 'fruity' bisa mengindikasikan diabetes yang tak terkontrol atau puasa makan yang sudah terlalu jauh, sementara bau napas yang amis mungkin pertanda gagal ginjal atau hati," jelas Keith, seperti dikutip dari Women's Health.

Sementara aroma napas yang berbau sangat busuk, biasanya berhubungan dengan gastroesophageal reflux (GERD) atau peningkatan asam lambung. Bisa juga karena masalah pada saluran pernapasan seperti bronchitis, infeksi paru-paru hingga infeksi amandel.

Baca Juga: 5 Faktor Tak Terduga Penyebab Bau Mulut

"Hal pertama yang dokter ggi harus lakukan adalah memeriksa bau yang berasal dari gigi dan gusi. Setelah itu, dia harus merekomendasikan apakah pasien perlu datang ke spesialis THT untuk mnengatasi masalah pada sinus, atau dokter penyakit perut jika ada masalah di sistem pencernaan," saran dokter gigi Timothy Chase, D.M.D. (hst/hst)