Riset: Makanan yang Dipromosikan Selebriti Dunia Kebanyakan Tidak Sehat

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 10 Jun 2016 07:11 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Apa hubungan suksesnya program diet dengan selebriti idola Anda? Hubungannya, ada kemungkinan idola Anda adalah penyebab gagalnya program diet. Pasalnya, sebuah riset mengungkap makanan yang sering dipromosikan selebriti dunia umumnya tidak sehat.

Membintangi iklan produk makanan, termasuk mempromosikannya di media sosial, adalah salah satu sumber pemasukan selebriti. Dengan media tersebut dan ketenarannya, mereka seharusnya dapat manfaatkan itu untuk menggaungkan gaya hidup mengonsumsi makanan sehat. Tapi yang terjadi justru sebaliknya.

Seperti Sekelompok peneliti di NYU Langone Medical Center, di New York City, AS, mengadakan sebuah riset untuk mengetahui sejauh mana iklan makanan dan minuman nonalkohol yang dibintangi musisi dunia dapat memengaruhi kesuksesan diet.

Objek penelitian mereka dapatkan dari daftar Hot 100 Billboard periode 2013-2014 untuk memenuhi standar selebriti populer. Dari situ, muncullah 163 nama bintang pop, termasuk Beyonce, Calvin Harris, One Direction, Justin Timberlake, dan Britney Spears.

Total, para selebriti ini memiliki lebih 590 endorsement dari berbagai kategori, termasuk kosmetik, parfum, dan pakaian. Setelah dikerucutkan lagi, ada 65 selebriti yang terikat kontrak dengan 38 perusahaan makanan dan minuman nonalkohol. Total, mereka mempromosikan 57 makanan dan minuman berbeda.

Maka terungkaplah, 81 persen dari produk tersebut ternyata tergolong 'miskin nutrisi'. Sementara dari 69 jenis minuman, 71 persennya mengandung jumlah gula berlebih. Diketahui, hanya satu selebriti yang mempromosikan produk yang sehat.

Adalah hak selebriti untuk membintangi iklan apapun yang mereka mau. Yang terpenting, jangan mudah termakan ajakan mereka. Apalagi bila produk tersebut merugikan kesehatan kita. (dtg/asf)