Lakukan 5 Cara Ini Untuk Lebih Sehat Saat Akhir Pekan

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 01 Mei 2016 13:16 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Akhir pekan memang waktu paling tepat dimanfaatkan untuk bersantai atau berkumpul dengan orang tersayang. Hari libur itu pun dihabiskan dengan berbagai cara, mulai dari menonton film atau drama di rumah hingga wisata sambil makan-makan. Meski terasa mengasyikan, kegiatan saat weekend tak jarang membuat tubuh jadi kurang prima ketika kembali beraktivitas di hari Senin. Bagi Anda yang tengah menjaga kesehatan secara ekstra, lakukan lima hal ini saat akhir pekan:

1. Rencanakan Akhir Pekan
Agar kesehatan terjaga secara maksimal, Anda perlu merencanakan akhir pekan. Hal ini bukan berarti Anda perlu menjadwalkan restoran baru untuk dicicipi setiap Sabtu atau Minggu. Namun dengan mengetahui tujuan pada setiap akhir pekan lalu menyesuaikannya kegiatan di hari sebelumnya. Misalnya Anda berencana berwisata alam pada Sabtu, hindari hangout dengan teman kerja hingga larut malam pada Jumat sebelumnya. Diharapkan Anda akan terhindar sakit karena kelelahan.

2. Jalan-jalan Selain Makan
Banyak orang menghabiskan akhir pekan dengan wisata kuliner. Agar lebih sehat dan senang, cobalah mencoba wisata baru yang tidak melibatkan makanan kurang sehat. Seperti mengunjungi museum, kebun binatang, atau piknik. Bawalah makanan sendiri yang dimasak di rumah untuk menghindari terganggunya pencernaan.

3. Masak Sesuatu yang Baru
Gunakan pula hari Sabtu atau Minggu untuk mencoba resep baru. Dari pada hanya menonton televisi, kegiatan memasak bisa lebih bermanfaat untuk Anda. Jika bisa, buat sesuatu yang sehat dan bila hasilnya enak, masak kembali di hari Senin untuk bekal makan siang.

4. Banyak Bergerak
Lelah bekerja di keseharian membuat banyak orang ingin bersantai saja saat weekend tiba. Hal tersebut tentu tidak ada salahnya. Namun agar tubuh sehat, pastikan pula bila badan tetap banyak bergerak. Misalnya dengan berolahraga dan membereskan atau membersihkan rumah.

5. Minum Air lebih Banyak
Saat bekerja, banyak pegawai yang menyediakan satu botol di meja sehingga tak lupa minum air putih. Namun ketika akhir pekan bersama orang tersayang tak sedikit orang yang memilih kopi atau minuman manis saat haus. Supaya tubuh tidak kekurangan cairan, tetaplah minum banyak air putih dan sediakan botol saat bepergian. (asf/asf)