Sehat dengan Honey Lemon Shot, Redakan Sariawan Sampai BAB Lancar

Hestianingsih - wolipop Rabu, 20 Agu 2014 15:51 WIB
Dok. Thinkstock Dok. Thinkstock

Jakarta -

Campuran perasan lemon dan madu dipercaya mempunyai khasiat yang banyak bagi kesehatan tubuh apabila diminum setiap hari. Mulai dari meredakan batuk dan flu, mencegah berbagai penyakit, menurunkan berat badan, meningkatkan daya tahan tubuh, mempercantik kulit hingga mencegah kanker.

Andra Alodita, lifestyle blogger dan fotografer mengaku mendapatkan manfaatnya setelah meminumnya secara rutin tiap pagi. Ia jadi tak mudah sakit, tubuh terasa lebih segar dan berat badan menurun. Setelah merasakan dampak positifnya secara langsung, wanita berusia 27 tahun ini pun berbagi tips kesehatannya ini di Instagram.

Menggunakan hashtag #honeylemonshot, minuman kesehatan alami ini langsung booming dan ditiru banyak pegiat gaya hidup sehat di jejaring sosial tersebut. Honey lemon shot merupakan air perasan dari setengah potong buah lemon dan madu yang diaduk menjadi satu, dan diminum pada pagi hari ketika perut kosong.

Beberapa orang yang telah mencobanya mengaku merasakan perubahan yang cukup positif. Salah satunya Kartika, yang mengaku sariawannya membaik setelah lima hari rutin minum honey lemon shot setiap pagi.

"Minum hari Sabtu pas lagi sariawan, Minggu sariawan makin parah ada putih-putihnya banyak. Saya teruskan minum lagi, bagian yang putihnya jadi hilang tinggal merah-merahnya, sekarang nggak terlalu sakit. Lalu beberapa hari kemarin juga batuk, saya nggak terusin minum obat batuk dan sekarang batuknya sudah mendingan," ujar Kartika, salah seorang karyawati saat diwawancara Wolipop, Rabu (20/8/2014).

Era, juga seorang karyawan swasta pun merasakan dampak positif dari honey lemon shot. Sudah seminggu ia meminum campuran air lemon dan madu tersebut, dan buang air besarnya (BAB) jadi lebih lancar. Sebelum rutin mengonsumsi honey lemon shot, wanita berusia 24 tahun itu sangat sulit BAB.

"Tadinya bisa BAB cuma seminggu dua kali atau seminggu sekali," akunya. Hal yang sama juga dirasakan Kartika, yang BAB-nya jadi lebih sering dari biasanya.

"BAB jadi dua kali sehari pagi dan malam. Biasanya cuma sekali. Jadi mules, tapi nggak mencret," tuturnya.

Khasiat honey lemon shot juga dirasakan Okta, yang bekerja sebagai beauty editor. Okta sudah cukup lama mengonsumsi air lemon dan madu ini, sekitar tiga bulan. Sejak minum honey lemon shot, wanita berusia 26 tahun ini menjadi tidak mudah terkena panas dalam.

"Jadi nggak gampang panas dalem, karena gue orangnya cepat sariawan," ucapnya.

Menurut pakar kesehatan, air lemon dan madu boleh saja dikonsumsi sebagai minuman pendukung kesehatan. Tapi sebaiknya tetap diimbangi oleh pola makan dengan gizi seimbang karena itu yang lebih penting.

"Kalau mau minum boleh saja. Tapi apakah dengan minum itu tiap hari bisa lebih sehat, tergantung. Hidup sehat dan makan sehat, tetap lebih penting," ujar dokter spesialis gizi dr. Johannes Chandrawinata, SpKG.

(hst/fer)