Tidak Hanya Turunkan Berat Badan, Ini Menu Diet untuk Awet Muda

- wolipop Jumat, 21 Mar 2014 08:47 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Diet artinya mengatur pola makan. Kebanyakan wanita menjalani diet untuk menurunkan berat badan agar tampil langsing dan seksi. Tidak hanya menurunkan berat badan, beberapa wanita juga menjalani diet anti-aging atau awet muda.

Model sekaligus ahli gizi, Katherine Elyse Blake, mengklaim bahwa makanan merupakan salah satu faktor terpenting untuk tetap awet muda. Tidak hanya mencegah timbulnya kerut tapi juga membuat kulit tetap kencang dan cerah. Oleh sebab itu, perlu adanya diet anti-aging yang bisa dijalani oleh wanita gemuk dan kurus.

"Kulit Anda adalah organ terbesar yang sangat penting untuk tetap sehat, bergii, dan terhidrasi. Dengan mengikuti tips serta langkah yang tepat akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan memperlambat tanda-tanda penuaan," tutur Katherine seperti dilansir dari Female First.

Berikut menu diet yang bisa dijalankan agar tetap awet muda setelah usia 30-an:

1. Kurangi Gula
Katherine percaya kalau gula adalah penyebab kulit meradang atau 'stres' yang menyebabkan jerawat serta timbulnya keriput. Untuk itu diet anti-aging akan mengurangi asupan gula yang sebenarnya juga bagus buat kesehatan. Kebanyakan gula juga berisiko menderita penyakit seperti diabetes.

Coba untuk tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya pada makanan atau minuman seperti sereal, teh, dan kopi. Tidak juga mengganti gula dengan pemanis buatan.

2. Kurangi Karbohidrat
Kurangi karbohidrat putih dan coba beralih ke karbohidrat gandum seperti beras merah dan kacang-kacangan. Mengganti nasi dengan labu dan kentang juga baik untuk kesehatan tubuh serta kulit.

2. Minum Ekstra Air Putih
Air putih juga akan menghidrasi kulit Anda sehingga tidak mengalami dehidrasi atau kekeringan. Bawalah sebotol air putih di dalam tas untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik.

3. Omega 3
Pilih camilan atau lauk yang kaya omega 3. Omega 3 sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit untuk menjaga kelembaban dan tetap kencang. Makanan yang mengandung omega 3 di antaranya buah alpukat, minyak ikan, minyak zaitun, dan minyak kelapa mentah.

4. Teh Hijau
Teh hijau lebih bagus untuk kesehatan dan meremajakan kulit. Kandungan di dalamnya dapat membantu membuat kolagen tetap aktif serta menghilangkan sel kulit mati.

5. Kacang Brazil
Kacang Brazil memiliki kandungan selenium yang memproduksi antioxidant glutathione untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Selenium juga bagus untuk menjaga kulit agar tetap bersih dan bebas jerawat.

6. Kol
Kol juga bagus untuk kulit karena kaya akan zat besi yang meningkatkan kolagen dan mencegah kerutan. Katherine menyarankan agar mengonsumsinya mentah atau dikukus dalam waktu yang singkat untuk mempertahankan kandungan antioksidannya.

7. Melon
Melon sangat bagus untuk elasitas kulit. Melon mengandung vitamin A dan C yang merangsang kolagen. Coba masukkan melon ke dalam salad Anda atau bisa juga jus untuk camilan sore hari.

8. Tomat
Tomat mengandung lycopene dan vitamin C yang bagus untuk merangsang kolagen serta melindungi kulit agar tetap sehat dan bercahaya.

9. Yoghurt
Yoghurt akan membuat kulit lebih cerah. Kulit yang kusam bisa disebabkan oleh pencernaan yang tersumbat. Coba konsumsi yoghurt saat pencernaan bermasalah.

"Penuaan adalah proses alami yang tidak bisa dilawan tapi dapat diperlambat dengan mengubah gaya hidup serta pola makan," tambah Katherine.



(aln/aln)