Kenali Dulu Bentuk Tubuh, Kunci Utama Agar Cepat Langsing

Hestianingsih - wolipop Jumat, 03 Jan 2014 12:37 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta -

Ada banyak cara untuk melangsingkan badan. Mulai dari metode diet karbo, food combining, fitnes hingga yang ekstrem seperti juice cleanse diet atau diet Atkins. Tapi sebelum mencoba berbagai cara tersebut, ada satu hal yang tidak boleh terlewatkan dan harus diperhatikan terlebih dahulu.

Menurut personal trainer selebriti Matt Roberts, kunci utama agar sukses turunkan berat badan adalah dengan mengetahui dulu bentuk tubuh. Dengan mengenali bentuk tubuh, maka Anda bisa menentukan aktivitas yang benar-benar sesuai dan lebih cepat memperlihatkan hasil.

Matt mengatakan, tubuh wanita terdiri dari empat kategori, apel; pir; jam pasir dan tabung. Masing-masing memerlukan penanganan yang berbeda dalam melakukan fitnes.

1. Jam Pasir
Pemilik tubuh jam pasir seperti Kate Winslet dan chef cantik Nigella Lawson harus fokus latihan yang membentuk otot perut. Lakukan juga jogging atau bersepeda jarak jauh untuk membantu tubuh terlihat lebih ramping.

2. Tabung
Tubuh tabung seperti Cara Delevingne dan Keira Knightley sebaiknya menghindari latihan cardio karena akan membuatnya makin terlihat lurus dan tidak berbentuk. Disarankan tidak diet untuk penurunan berat badan dan lebih fokus latihan kekuatan seperti angkat beban, TRX atau kettlebell swing untuk membentuk otot agar terlihat lebih berisi.

3. Pir
Wanita bertubuh pir seperti Beyonce dan Rihanna harus fokus dengan latihan yang membentuk otot lengan untuk menyeimbangkan pinggul dan pahanya yang besar. Lakukan latihan interval berintensitas tinggi seperti cardio, sprint atau jogging di dataran tinggi.

4. Apel
Bagi yang bertubuh apel, Anda bisa mengurangi ukuran lingkar pinggang dengan latihan pusat atau yang berfokus pada tubuh bagian atas (perut dan dada). Kombinasikan dengan cardio dan angkat beban menggunakan kaki untuk menyeimbangkan proporsi tubuh.

"Pikirkan, versi mana yang paling baik untuk Anda? Ingin terlihat dengan tubuh yang seperti apa, dan cobalah mencapai keinginan itu. Tapi tetap harus realistis dengan bentuk tubuh sendiri. Jika Anda ingin terlihat seperti Kate Moss tapi memiliki tubuh jam pasir, maka tidak akan terwujud. Pilihlah motivasi dari selebriti bertubuh sama," saran Matt, seperti dikutip dari Daily Mail.

Selain aktivitas fisik, pola diet juga harus diperhatikan. Untuk semua bentuk tubuh, Matt menyarankan untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol setidaknya selama satu bulan. Hindari juga produk susu olahan yang mengandung terlalu banyak lemak.

"Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam diet. Berhenti minum alkohol selama empat minggu karena alkohol akan membuat perut buncit. Kurangi juga asupan susu, cukup dengan teh dan susu. Jangan produk yang lain. Lalu perhatikan konsumsi gula Anda. Jangan terlalu banyak," sarannya.

(hst/eny)