Mengenal 4 Jenis Pakaian Khas yang Kerap Dipakai Saat Imlek

Jihaan Khoirunnissa - wolipop Senin, 24 Jan 2022 11:20 WIB
Cheongsam Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Masyarakat China juga memiliki tradisi mengenakan pakaian baru dalam menyambut datangnya tahun baru Imlek. Pakaian tersebut biasanya sebagai simbol keindahan.

Selain sebagai keindahan, pakaian juga menjadi bentuk penghormatan kepada para tetua. Bahkan, pakaian baru konon dipercaya memiliki makna menguntungkan sekaligus dapat melindungi pemakainya dari roh jahat.

Melansir berbagai sumber, ini dia 4 jenis pakaian tradisional yang kerap dikenakan saat perayaan Tahun Baru China. Simak yuk!

Cheongsam

Kamu tentu sudah familiar dengan baju tradisional China, Cheongsam. Kata cheongsam berarti dress yang panjang. Pakaian ini merupakan modifikasi dari zaman Dinasti Qing dan dipakai secara formal pada tahun 1900-an.

Dalam waktu singkat, gaun banyak dikenakan oleh wanita di kota-kota besar, seperti Beijing dan Shanghai. Berbeda dengan sekarang, kala itu model cheongsam memiliki potongan yang lebih longgar. Dengan motif floral, geometric, dan art deco yang populer hingga kini.

Hanfu

Apabila diterjemahkan, hanfu memiliki arti pakaian etnis Han yang juga mencakup pakaian tradisional hingga dinasti Qing. Biasanya, satu set hanfu terdiri dari sepasang kemeja dan rok. Kemeja ini memiliki kerah silang, dengan potongan lengan yang panjang dan lebar.

Sementara untuk roknya juga terbilang cukup panjang. Bahkan, tidak jarang rok dari set hanfu ini dimulai dari bagian dada. Desain hanfu Dinasti Tang ini kemudian ikut mempengaruhi kimono Jepang, lho.

Tang Suit

Tang suit adalah setelan pakaian yang panjang dari Dinasti Tang. Buat kamu penggemar film bela diri seperti Jackie Chan, tentu sering melihat jenis pakaian ini. Karena tang suit kerap muncul dalam film seni bela diri Tiongkok.

Setelan tang menampilkan simpul tradisional China, yakni frog button. Adapun untuk pembuatannya, tang suit menggunakan brokat yang merupakan bahan kain mewah dari zaman China kuno.

Qipao

Qipao dikenal sebagai gaun tradisional yang diperuntukkan untuk wanita. Qipao masuk ke dalam kebudayaan China selama masa Dinasti Qing dan hingga kini masih kerap dikenakan, terutama di perayaan besar seperti Imlek. Sayangnya bentuk dan model qipao modern yang banyak ditemukan sekarang jauh berbeda dengan aslinya.

Jadi, mana pilihan outfit untuk dipakai saat Imlek nanti? Nah, agar gayamu semakin stunning, coba deh tambahkan sentuhan perhiasan berlian. Pas banget, karena baru-baru ini, The Palace Jeweler mengeluarkan koleksi perhiasan wanita dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek yang sebentar lagi akan hadir.

CheongsamThe Palace Jeweler

Ada koleksi Ruby yang bisa kamu sandingkan dengan outfit Imlek favorit. Warna dari natural heated ruby dan emasnya akan memberikan cinta, keberuntungan dan kemakmuran. Ada pula koleksi Rimbayu dengan 12 pilihan liontin berlian yang menjadi simbol shio serta diyakini dapat mengundang rezeki, kesehatan, dan suka cita untuk kamu.

Di samping itu, ada koleksi perhiasan berlian Geometri yang modelnya terinspirasi dari kemewahan dan kemegahan gaya Art Deco. Koleksi ini terdiri dari 16 Items yang terdiri dari 7 cincin berlian, 3 liontin berlian, dan 6 anting-anting berlian cantik yang bisa dijadikan pilihan.

Atau kamu juga bisa memilih Moela Collection untuk perhiasan berlian dengan desain simple, tapi tetap elegan. Di The Palace Jeweler, tersedia juga koleksi perhiasan emas dan perhiasan berlian Therlengkap, Therjangkau, dan Therjamin. Jadi, kamu bisa bebas memilih mana yang sesuai dengan keinginan.



Simak Video "Vihara Dharma Bhakti Tutup, Warga yang Sembahyang Dilanjut Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)