ADVERTISEMENT

Mengenal 6 Baju Adat Bali untuk Acara Kasual hingga Pernikahan

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 03 Jan 2023 17:31 WIB
Artis blasteran pakai baju adat Bali Baju Adat Bali. Foto: Getty Images/btrenkel
Jakarta -

Berencana menikah dengan orang Bali atau ingin mengenakan baju adat Bali? Mari simak ragam baju adat Bali untuk acara kasual hingga pernikahan.

Setiap daerah memiliki baju adat masing-masing. Bali termasuk salah satu kepulauan di Indonesia yang memiliki ragam baju adat di dalamnya.

Mungkin kamu tidak asing melihat penduduk asli Pulau Dewata mengenakan kain, kebaya, hingga hiasan kepala. Belum lagi ketika menghadiri acara resmi tentu mereka menggunakan baju adat Bali yang disesuaikan dengan acaranya.

Mengutip dari buku berjudul 'Pakaian Adat Nusantara' karya Dian Aprilia, mari mengenal ragam baju adat Bali, baik untuk acara kasual maupun pernikahan:

Baju Adat BaliBaju Adat Bali Foto: Dok. GettyImages/iStock

1. Kebaya Bali

Salah satu baju adat Bali adalah kebaya Bali. Kebaya Bali umumnya memiliki renda dan bisa digunakan dalam acara kasual maupun formal.

Warna kebaya Bali juga beragam dan bernuansa cerah. Warna yang cerah dalam kebaya Bali karena memiliki filosofi untuk menggambarkan keceriaan serta keanggunann wanita Bali.

2. Baju Safari

Apa itu baju safari? Ini merupakan baju adat Bali yang dikenakan laki-laki. Jika perempuan mengenakan kebaya Bali maka laki-laki memakai baju safari.

Baju safari berupa kemeja putih dengan kerah dan kancing yang dilengkapi saku di dada. Umumnya dipadukan dengan kamen atau selembar kain yang berguna menutupi tubuh bagian bawah.

Mungkin kamu melihat kamen seperti sarung namun biasanya terbuat dari bahan yang tipis. Baju safari juga dilengkapi dengan ikat kepala yang dibentuk simpul pada bagian tengah. Ikat kepala tersebut sering disebut udeng.

3. Baju Adat Bali: Sabuk Prada

Baju Adat BaliBaju Adat Bali Foto: Dok. GettyImages/iStock

Sabuk prada termasuk salah satu bagian dari baju adat Bali. Sabuk prada digunakan oleh perempuan Bali bersamaan dengan kebaya dan kain kamen.

Umumnya, sabuk prada memiliki motif khas Bali yang keemasan dan berwarna terang. Ada filosofi di balik penggunaan sabuk prada, yakni melindungi tubuh perempuan terutama rahim yang merupakan pemberian Tuhan.

4. Payas Agung

Baju Adat BaliBaju Adat Bali Foto: Dok. GettyImages/iStock

Baju adat Bali lainnya adalah payas agung. Baju adat Bali yang satu ini biasa digunakan untuk acara pernikahan.

Kemewahan menjadi ciri utama yang ditampilkan saat mengenakan payas agung. Baju adat Bali payas agung dikenakan dengan mahkota yang menjulang tinggi oleh pengantin wanita.

Dalam penampilannya, pengantin perempua akan memakai kain yang melilit dari dada hingga kaki. Kain ini kemudian dilapisi kemben dan kamen prada yang menutupi sampai mata kaki.

5. Payas Madya

Baju Adat BaliBaju Adat Bali Foto: Dok. GettyImages/iStock

Selanjutnya ada yang namanya payas mada. Baju adat Bali ini terkesan lebih santai dibanding payas agung.

Bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari atau acara kasual. Umumnya baju adat Bali payas mada dipakai saat acara ritual keagamaan atau adat.

6. Payas Alit

Bagaimana denga payas alit sebagai salah satu baju adat Bali? Payas alit cocok dikenakan sehari-hari. Payas alit memiliki arti kecil atau sederhana.

Yuk coba kenakan baju adat Bali yang membuatmu penasaran saat berlibur ke Pulau Dewata.



Simak Video "Gaya Jokowi Berbusana Adat Payas Agung Bali di Welcoming Dinner G20"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)