ADVERTISEMENT

Fashion of The Next Normal, Tren Gaya Busana di Masa Pandemi

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Rabu, 26 Okt 2022 05:18 WIB
Koleksi Lazada di JFW 2023 Koleksi Lazada di JFW 2023. Foto: Abduh/Detikcom
Jakarta -

Pandemi COVID-19 sempat membuat perekonomian dunia lesu di berbagai aspek industri, termasuk fashion. Setelah tiga tahun berlalu, geliat industri fashion mulai bangkit lagi.

Kaum 'rebahan' pun mulai menjalani 'the new normal', melakukan berbagai aktivitas di luar rumah, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Jika di masa awal pandemi orang tidak terlalu memikirkan busana karena hanya berada di rumah, kini kembali memperhatikan penampilan.

Selain ingin tampil stylish, tren busana di masa pandemi ini juga mementingkan kenyamanan, seperti yang dirasakan saat masih melakukan berbagai kegiatan di rumah. Bagaimana untuk tetap bergaya menarik tapi tetap nyaman, hal itulah yang coba diangkat dalam fashion show Lazada x JFW 2023.

Koleksi Lazada di JFW 2023Koleksi SSST Lazada x JFW 2023 Foto: Abduh/Detikcom

"Berevolusi dari masa pandemi di mana kenyamanan merupakan aspek utama dalam berbusana, show Lazada kali ini menampilkan ide kreatif para desainer yang kembali berkreasi tanpa batas," demikian dijelaskan pihak Lazada Indonesia.

Lazada menggandeng sejumlah brand dan desainer fashion muda untuk merilis koleksi eksklusif bertema 'Fashion of The Next Normal'. Ada delapan brand yang mencoba menerjemahkan 'The Next Normal' ke dalam gaya rancangan mereka masing-masing.

Empat di antaranya yang menampilkan karya mereka di venue City Hall, Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan, pada Selasa (25/10/2022) adalah Auctus, Shining Bright, SuperSentimental Secret Theory (SSST) dan Elnov. Garis rancang bergaya maskulin, edgy, feminin hingga girlie ditampilkan lewat koleksi busana pria dan wanita.

Koleksi Lazada di JFW 2023Koleksi Auctus Lazada x JFW 2023 Foto: Abduh/Detikcom

Peragaan busana Lazada x JFW 2023: Fashion of The Next Normal dibuka oleh SSST dengan Sentimental Inmate. Koleksi ini terinspirasi dari sebuah perasaan 'terjebak' di kondisi kegelapan yang tak terputus oleh cahaya, seperti hidup dalam penjara. Deretan busana didominasi palet hitam dan monokrom dalam gaya maskulin hingga edgy. Padu padan dan aksen tumpuk membuat koleksi satu palet warna ini tak terkesan monoton. Hadir dalam model busana overall, biker jacket, crop top, overall serta hoodie.

Penampilan kedua diisi brand Auctus dengan tema Euphoria. Deretan koleksi terbaru dan eksklusif ini terinspirasi dari serial drama populer 'Euphoria'. Euforia merupakan sebuah perasaan atau keadaan dengan rasa gembira serta bahagia yang intens. Ekspresi diri sebebas mungkin menjadi kunci dari koleksi yang didominasi pakaian berbahan rajut dengan warna-warna cerah, denim, blouse transparan, crop top, blouse dengan aksen lengan puff, rok mini serta suspender dan vest sebagai aksen.

Koleksi Lazada di JFW 2023Koleksi Shining Bright Co. Lazada x JFW 2023 Foto: Abduh/Detikcom

Shining Bright Co. berkolaborasi dengan Rider menampilkan koleksi bertema Primitive Jungle. Karya dari desainer Fiyan Sastro ini mengangkat sisi lain 'hutan' dalam warna-warna terang dan atraktif, serta grafis atraktif yang tidak melulu menampilkan hutan dalam palet gelap nan suram. Koleksinya hadir dalam setelan jas hitam dengan detail patchwork berbentuk bunga, cardigan animal print, setelan rajut sweater dan mini skirt bergambar kepik hingga setelan piyama.

Peragaan ditutup dengan koleksi dari Elnov yang mengangkat tema Tone of Love. Mendekati penghujung tahun, Elnov menghadirkan koleksi terinspirasi kemeriahan perayaan Natal dan Tahun Baru. Busananya datang dalam warna-warna pastel dan solid dan didominasi garis feminin seperti gaun panjang, gaun asimetris, blouse asimetris serta set blouse dan celana satin dengan siluet flowy dan loose cut.



Simak Video "Daliatex Kusuma dan 3 Brand Lokal Dukung Gerakan Sustainable"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)