ADVERTISEMENT

Kanye West Makin Berulah, Balenciaga Akhirnya Beri Hukuman Berat

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 22 Okt 2022 16:00 WIB
PARIS, FRANCE - OCTOBER 02: (EDITORIAL USE ONLY - For Non-Editorial use please seek approval from Fashion House) Kanye West attends the Givenchy Womenswear Spring/Summer 2023 show as part of Paris Fashion Week  on October 02, 2022 in Paris, France. (Photo by Stephane Cardinale - Corbis/Corbis via Getty Images) Kanye West di Paris Fashion Week Spring 2023. (Foto: Corbis via Getty Images/Stephane Cardinale - Corbis)
Paris -

Balenciaga tampaknya sudah tidak tahan lagi dengan kelakuan Kanye West yang belakangan intens memicu kontroversi. Tindakan tegas pun diambil.

Setelah merilis laporan bisnis kuartal ketiga pada Kamis (20/10/2022), Kering, grup yang menaungi rumah mode tersebut, mengumumkan keputusannya untuk mengakhiri segala bentuk kolaborasi dengan sang rapper.

"Balenciaga tidak punya lagi hubungan apapun itu bentuknya atau rencanan lain yang berkaitan dengan artis ini," demikian bunyi pernyataan Kering kepada WWD.

Kanye West sempat membuka peragaan Balenciaga koleksi Spring 2023 di Paris Fashion Week, Minggu (2/10/2022). Berjalan di catwalk penuh lumpur, ayah empat anak tersebut muncul dengan busana bergaya militer berwarna serba hitam. Foto penampilan Kanye tersebut kini sudah lenyap dari laman foto catwalk Balenciaga di Vogue Runway.

Setelah tampil di Balenciaga, ia menggelar peragaannya sendiri menjelang penutupan Paris Fashion Week. Peragaan kejutan tersebut menampilkan koleksi YZY SZN 9 secara perdana.

Kanye West di Fashion Show Balenciaga Spring/Summer 2023Kanye West di Fashion Show Balenciaga Spring/Summer 2023 Foto: Instagram/@kanyewest

Alih-alih mendapat pujian, Kanye West malah banjir kritikan dan hujatan lantaran menyertakan sebuah kaus bertulisan 'White Lives Matter'. Menurut Anti-Defamation League, 'White Lives Matter' dikategorikan sebagai sebuah pernyataan kebencian. Pendukung Trump dan kaum supremasi kulit putih mulai memakainya untuk menantang balik gerakan Black Lives Matter sejak 2015.

Tak berhenti di situ, Kanye menjadi kontroversi lagi setelah menghina penampilan salah satu editor Vogue yang mengkritik koleksinya. Lalu ujaran kebencian terhadap orang Yahudi yang ia utarakan lewat media sosial semakin 'memanaskan' situasi.

Kanye West Pakai Kaus Kontroversial 'White Lives Matter'Kanye West pakai kaus 'White Lives Matter' yang kontroversial. (Foto: Twitter/Candece Owens)

Kanye, yang mengaku didiagnosis mengalami bipolar, juga menyebut Presiden Joe Biden mengalami keterbelakangan mental karena menghiraukan masukan dari Elon Musk. Twitter dan Instagram sampai harus memblokir akun pria yang kini sudah berganti nama Ye itu.

Sanksi lain datang dari rekanan bank Kanye West. JP Morgan Chase, yang dikenal sebagai salah satu bank raksasa AS, 'mendepak' Kanye dari daftar nasabah prioritasnya.

Kedekatan Kanye West dan Desainer Balenciaga

Dibanding perusahaan tersebut, Balenciaga membutuhkan waktu yang agak lama untuk mengambil sikap. Keputusan harus dipikirkan matang-matang mengingat Demna, direktur kreatif Balenciaga, punya hubungan yang akrab dengan Kanye West.

Keduanya sudah saling mengenal saat label Vetements yang dirintis Demna dan adiknya Guram Gvasalia mulai meraih popularitas di Paris pada 2014. Terpukau dengan visi-misi dan serta estetika desain Demna yang bernapas urban 'apokaliptik', Kanye pun mengajaknya berkolaborasi sebagai konsultan untuk mengembangkan label Yeezy.

BFRND, from left, Demna Gvasalia, and Eliza Douglas attend the CFDA Fashion Awards at The Pool and The Grill on Wednesday, Nov. 10, 2021, in New York. (Photo by Evan Agostini/Invision/AP)Direktur Kreatif Balenciaga Demna Gvasalia (tengah) saat menghadiri CFDA Awads 2021. (Foto: Invision/Evan Agostini/AP)

Tanpa bantuan Demna mungkin koleksi Yeezy Season 1 yang perdana tampil di New York Fashion Week pada 2015 mustahil terwujud. Pada akhir 2015, Demna yang pernah bekerja untuk Maison Margiela dan Louis Vuitton ditunjuk Balenciaga sebagai desainer sekaligus direktur kreatif. "Saya akan mencuri Demna dari Belanciaga," tulis Kanye di Twitter mengomentari hal tersebut.

Kepada Demna, Kanye bergantung. Begitu pula sebaliknya. Kreativitas mereka saling bersinergi dan menginspirasi satu sama lain. "Saat ngobrol bersama Kanye, saya seperti kembali lagi ke usia 8 tahun yang polos tanpa ada batasan-batasan," ujar Demna kepada New York Times pada 2019.

Percakapan mereka, kata Demna, yang sangat intens lebih sering terjadi secara online lewat pesan singkat dan Whatsapp. "Perbincangan-perbincangan seperti itu membantu saya berkembang sebagai desainer," ungkap pria asal Georgia yang selamat dari peperangan Uni Soviet ini.

NEW YORK, NEW YORK - SEPTEMBER 13: Kim Kardashian West and Demna Gvasalia attend The 2021 Met Gala Celebrating In America: A Lexicon Of Fashion at Metropolitan Museum of Art on September 13, 2021 in New York City. (Photo by John Shearer/WireImage)Kim Kardashian West dan Demna Gvasalia di Met Gala 2021. (Foto: WireImage/John Shearer)

Tak heran bila di tengah kesibukannya menangani Balenciaga, ia masih mau menerima ajakan Kanye untuk menangani visualisasi konser perilisan album Donda pada Agustus 2021. Kabarnya, Demna sampai menggunakan hari liburnya.

Seperti Kanye, mantan istrinya, Kim Kardashian, pun punya hubungan yang istimewa dengan Demna dan Balenciaga. Begitu spesialnya, mereka berkolaborasi untuk membuat look khusus bagi Kim pakai di MET Gala 2021. Gaun Kim serba hitam yang membungkus dari ujung kepala hingga kaki berujung viral di media sosial.

Saat Demna ambil alih Balenciaga, Kanye West seketika menjadi fans dari rumah mode yang didirikan oleh desainer Spanyol Cristobal Balenciaga pada 1919 itu. Sempat heboh di media sosial sebuah unggahan yang memperlihatkan biaya Kanye belanja produk Balenciaga sebesar US$ 4 juta untuk tahun ini saja.

Balenciaga mungkin akan kehilangan salah satu pelanggan setianya. Namun, keputusan yang diambil sudah tepat demi memberi efek jera agar Kanye West tidak berulah lagi.



Simak Video "Kim Kardashian Perketat Penjagaan Anak di Sekolah Gegara Kanye West"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)