ADVERTISEMENT

Hari Batik Nasional 2022, Iriana Jokowi Akan Berkebaya untuk Pecahkan Rekor

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 01 Okt 2022 21:00 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Presiden Jokowi dan Iriana. Foto: (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Merayakan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2022, ibu negara Iriana Jokowi akan berkebaya bersama ribuan wanita. Istri Presiden Jokowi itu dan para wanita berkebaya akan memecahkan rekor MURI sekaligus mendukung gerakan Kebaya Goes to UNESCO.

Kebaya Goes to UNESCO merupakan gerakan untuk mendukung pendaftaran kebaya sebagai warisan budaya tak benda versi Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan yang berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu. Kebaya hendak menyusul batik yang sudah mendapat pengakuan UNESCO sejak 2 Oktober 2009.

Dalam rangka mendukung gerakan tersebut pemkot Solo bersama Himpunan Ratna Busana (HRB) Solo menggelar acara bertajuk Pemecahan Rekor Muri Berkebaya bersama Ibu Negara. Pemecehan rekor tersebut digelar bertepatan dengan Hari Batik Nasional, Minggu (2/10/2022) besok mulai pukul 14.30.

"Beberapa saat yang lalu, Bu Ana (Iriana) selaku pelindung HRB menyampaikan karena kebaya itu asalnya dari Solo, jadi diminta mengadakan acara ini, 'Berkebaya Bersama Ibu Negara', 2 Oktober," kata Ketua HRB, Danarsih Santosa Doellah, seperti dikutip dari detikJateng.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat.Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Joko Widodo. Foto: Dok. Setpres/Laily Rachev

Ketua pelaksana Berkebaya Bersama Ibu Negara, Febri Dipokusumo, mengungkapkan detail pelaksanaan pemecahan rekor MURI bersama Iriana Jokowi. Dia mengatakan ada seribu peserta yang siap mengikuti kegiatan ini mulai dari istri gubernur, pedagang jamu hingga abdi dalem keraton.

"Cucuk lampah nanti dari perempuan mandiri seperti bakul jamu gendong, bakul lenjongan, abdi dalem, pesinden jalanan, intinya yang masih pakai kebaya sampai hari ini," kata Febri.

"Seluruh istri gubernur dari 37 provinsi juga akan hadir. Jadi nanti ada 37 kebaya khas masing-masing provinsi," tambahnya.

Pada momen Berkebaya Bersama Ibu Negara, menurut Febri, Iriana akan mencanangkan Hari Kebaya Nasional di hari yang sama dengan Hari Batik Nasional. Langkah ini dilakukan sebagai dukungan untuk Kebaya Goes to UNESCO

[Gambas:Instagram]




Melalui Instagram pribadinya, Walikota Solo Gibran Rakabuming mengajak pengikutnya untuk menyaksikan momen Pemecahan Rekor Muri Berkebaya bersama Ibu Negara bertepatan dengan perayaan Hari Batik Nasional 2022. Gibran menuliskan ada 3.000 wanita yang akan berkebaya bersama ibunya yang merupakan ibu negara, Iriana Jokowi.

"Ayo saksikan live streaming 'Pemecahan Rekor Muri Berkebaya bersama Ibu Negara' dalam rangka mendukung 'Kebaya goes to Unesco'. Diikuti oleh 3000 wanita dari berbagai daerah di Indonesia yang mengenakan kebaya dan jarik wiru. Minggu, 2 Oktober 2022 pukul 14.30-selesai," tulis Gibran, Sabtu (1/2/2022).



Simak Video "Ribuan Wanita Ikut Pawai Kebaya Bersama Iriana Joko Widodo"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)