Model Surabaya Ungkap Alasan Dipilih Desainer Fendi untuk Milan Fashion Week

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 31 Jan 2022 17:31 WIB
Fendi Menswear Fall/Winter 2022/2023 Aksi Rizal Rama di fashion show Fendi Fall/Winter 2022/2023 saat Milan Fashion Week, Sabtu (15/1/2022). (Foto: Dok. Fendi)
Paris -

Sebuah surat elektronik yang dinanti-nantikan Rizal Rama akhirnya tiba. Surat tersebut menyatakan bahwa pria asal Surabaya, Jawa Timur, itu lolos audisi tahap akhir pencarian model peragaan busana pria Fendi musim gugur 2022-2023 di Milan Fashion Week. Perawakannya yang unik sukses merebut hati desainer rumah mode ternama berbendera Italia tersebut.

Peragaan tersebut berlangsung pada Sabtu (15/1/2022), sementara ia baru mendapat pemberitahuan dari tim casting Fendi malam sebelumnya. Namun, Rizal yang memang sudah berada di Milan sangat memakluminya mengingat segala sesuatu selalu serba last minute di pekan mode dunia.

"Sudah casting beberapa kali belum menjamin kita bakal dipilih nantinya untuk tampil di catwalk," ungkap model 21 tahun itu saat berbincang dengan Wolipop secara virtual baru-baru ini.

Ia menceritakan, ada perasaan aneh yang mengganggunya saat menantikan email dari Fendi. Tak seperti biasanya ia merasa amat gelisah. Untuk mengalihkan perhatiannya, Rizal mencoba bermain gim di ponsel. "Rizal sebenarnya hobi banget nge-game, tapi gak pernah main sampai selarut itu," ungkapnya.

MILAN, ITALY - JANUARY 15: Models walk the runway at the Fendi fashion show during the Milan Men's Fashion Week - Fall/Winter 2022/2023 on January 15, 2022 in Milan, Italy. (Photo by Vittorio Zunino Celotto/Getty Images)Aksi Rizal Rama di fashion show busana pria Fendi Fall/Winter 2022/2023 saat Milan Fashion Week, Sabtu (15/1/2022). (Foto: Getty Images/Vittorio Zunino Celotto)

Ketika mengetahui dirinya lolos, Rizal mengaku kaget dan tak menyangka. Terbesit pula perasaan bangga. Betapa tidak, ia menjadi satu-satunya model asal Indonesia yang terpilih untuk tampil di landasan peraga Fendi itu.

Tak hanya itu, Rizal Rama mungkin pria Indonesia pertama yang berlenggang di peragaan Fendi saat Milan Fashion Week dalam sejarah rumah mode Italia yang berusia 97 tahun itu.

Rizal Rama mengawali pengalaman modeling perdananya di luar negeri saat tiba di Paris pada awal Januari 2022. Tiada hari yang dilaluinya tanpa casting.

Saat casting, cerita mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta Surabaya itu, wajahnya bikin penasaran banyak orang. "Mereka menebak-nebak aku dari negara mana. Mungkin menurut mereka unik ya. Mau dibilang wajah Asia bukan, Kaukasian juga nggak mirip," ungkap Rizal yang terjun ke dunia modeling saat berusia 16 tahun.

Mungkin itu pula yang sukses merebut perhatian Silvia Venturini Fendi, cucu pendiri Fendi yang juga menjabat sebagai direktur kreatif divisi busana pria dan aksesori Fendi. "Silvia Fendi sempat tanya asal, dan usia. Aku bilang dari Indonesia, usia 21 tahun," ujar Rizal Rama.

Fendi Menswear Fall/Winter 2022/2023Silvia Venturini Fendi bersama bintang 'Emily in Paris', aktor Lucien Laviscount, di belakang panggung fashion show busana pria Fendi Fall/Winter 2022/2023. (Foto: Dok. Fendi)

Ia mengatakan, kala itu begitu banyak model pria yang mengikuti casting mengingat status Fendi sebagai jenama yang mendunia. Namun, hanya 70 di antaranya terpilih.

Rizal Rama mendapat kepercayaan untuk memeragakan look monokrom serba abu-abu yang terdiri dari kemeja dan celana panjang senada. Gayanya disempurnakan dengan tas Baguette Fendi yang ikonis, berikut kalung berlogo monogram 'FF', dan bucket hat.

Setelah model ke-4 berjalan di panggung berbentuk 'FF', giliran Rizal Rama muncul. "Gak kepikiran apa-apa, jalan aja santai. Tapi setelah tampil, aku sempat terharu dan menangis saking nggak nyangka dan bangganya," kata. Setelah Fendi, ia eksis di beberapa peragaan yang digelar dalam rangkaian Paris Fashion Week.

Fendi Menswear Fall/Winter 2022/2023Fendi Menswear Fall/Winter 2022/2023 (Foto: Dok. Fendi)


Simak Video "Bekal untuk Menjadi Model Profesional ala Rizal Rama"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)