ADVERTISEMENT

Putri Monaco Naik Kuda di Fashion Show, Chanel Dituding Eksploitasi Hewan

Hestianingsih - wolipop Rabu, 26 Jan 2022 13:55 WIB
Kemunculan kuda di fashion show Chanel. Kemunculan kuda di fashion show Chanel. Foto: Dok. Chanel
Jakarta -

Fashion show Chanel untuk koleksi Spring/Summer 2022 dibuka dengan dramatis. Seorang model muncul memasuki panggung runway dengan mengendarai kuda.

Model tersebut tak lain adalah Charlotte Casiraghi, muse Chanel yang juga Putri Monaco sekaligus cucu dari fashionista legendaris Grace Kelly. Charlotte yang dikenal sebagai penunggang kuda profesional mengenakan busana berkuda lengkap yang diaksentuasi jaket hitam shimmer berbahan tweed.

Pembukaan fashion show dengan menampilkan kuda pacu dinilai sebagai pilihan yang artistik dan indah. Namun tak sedikit juga yang mengritik keterlibatan hewan dalam peragaan busana yang digelar di Grand Palais Éphémère, Paris, Prancis tersebut.

[Gambas:Instagram]



Penggunaan kuda pacu di fashion show Chanel dianggap sebagai penyiksaan terhadap hewan. Ada pula yang berpendapat kalau kehadiran kuda di sebuah peragaan busana tidak terlalu penting.

"Penggunaan hewan di parade fashion show sangatlah norak dan tidak penting!" komentar netizen.

"Seberapa tidak pentingnya menampilkan kuda yang berjalan di catwalk? Hanya sebagai hiburan untuk para undangan? #penyiksaanhewan," kritik netizen lainnya.

"Setop eksploitasi hewan!" netizen lain menyerukan.

Kemunculan kuda di fashion show Chanel.Kemunculan kuda di fashion show Chanel. Foto: Dok. Instagram/@charlottecasiraghi

Dalam video yang diunggah di Instagram @chanelofficial, Sebastien Tellier, musisi yang terlibat dalam fashion show Chanel, menjelaskan bahwa hadirnya seekor kuda memang cukup berisiko.

"Dengan kemunculan Charlotte dan kudanya di pembukaan (fashion show), kami tidak yakin dengan apa yang akan terjadi, tapi mengambil risiko itu selalu menarik! Dan sebuah fashion show harus membuat sebuah ketertarikan," ujarnya.

Kemunculan kuda di fashion show Chanel.Kemunculan kuda di fashion show Chanel. Foto: Dok. Instagram/@charlottecasiraghi

Sementara itu Xavier Veilhan yang bertindak sebagai seniman grafis fashion show mengatakan bahwa konsep tersebut dipilih untuk menyelaraskan estetika tangguh seekor kuda dan haute couture atau adi busana.

"Dan untuk melihat bagaimana keanggunan dan unsur hewani bisa dikombinasikan," tuturnya.



Simak Video "Aksi Charlotte Casiraghi Berkuda di Panggung Catwalk Chanel"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)