Intip Seragam Pilot dan Awak Kabin EasyJet Berbahan Botol Plastik

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 19 Agu 2021 14:17 WIB
Unik, Maskapai Ini Punya Seragam dari Botol Plastik Seragam baru awak kabin EasyJet yang terbuat dari botol plastik daur ulang. (Foto: EasyJet)
London -

Awak kabin dan pilot EasyJet akan punya seragam baru. Menariknya, baju tersebut terbuat dari botol plastik yang didaur ulang.

EasyJet, maskapai low-cost carrier asal Inggris, mengumumkan kolaborasinya dengan Tailored Image, sebuah manufaktur yang berbasis di Irlandia Utara, untuk membuat seragam baru yang ramah lingkungan.

Seperti dikabarkan Business Traveller baru-baru ini, butuh sekitar 45 botol plastik untuk membuat satu seragam. Penggunaan material tersebut diklaim dapat mengurangi jejak karbon sebanyak 75 persen ketimbang bahan polyester.

Itu berarti juga, pengadaan seragam yang berlangsung selama lima tahun ini dapat menyelamatkan 2,7 juta botol plastik dari pembuangan atau menjadi polusi yang bisa mencemarkan lautan.

Unik, Maskapai Ini Punya Seragam dari Botol PlastikEasyJet umumkan seragam baru awak kabin yang terbuat dari botol plastik daur ulang. (Foto: EasyJet)

Berdasarkan hasil uji coba tahun lalu, seragam ini terbukti lebih tahan gesekan. Kenyamanan dan durabilitas juga meningkat karena elastisitas material yang lebih baik.

"Peran kami sebagai pembuat seragam dan pakaian korporasi adalah menyampaikan solusi inovatif untuk klien kami, dengan mengedepankan kenyamanan dan kepraktisan bagi pemakainya," kata Direktur Pelaksana Tailored Image Bernard Birt.

Ia juga menambahkan, salah satu tantangan dalam proyek bersama EasyJet ini, yaitu memenuhi standar tinggi mereka dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Pihak EasyJet sendiri memastikan seragam yang desainnya telah disesuaikan dengan gaya mereka terkini sudah bisa distribusikan secara berkala mulai bulan ini.

Sebagai tambahan, seluruh bungkusan pakaian yang terbuat dari plastik juga akan diganti dengan material yang dapat didaur ulang atau berstandar biodegradable.

Beberapa tahun terakhir, EasyJet memang tengah gencar berupaya menjadi salah satu maskapai yang ramah lingkungan. Pada 2019, mereka mengumumkan komitmennya memangkas emisi karbon dari semua penerbangan domestik dan internasionalnya.

Pesawat easyJetPesawat maskapai EasyJet (Foto: Dok. AFP)


Simak Video "Ini Nih Sepatu Eco Material yang Ramah Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)