Gaya Puan Maharani dan Krisdayanti Berkebaya Nusantara di Sidang Tahunan MPR

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 16 Agu 2021 18:32 WIB
Ketua DPR Puan Maharani di rapat paripurna pembukaan masa sidang 2021-2022, Senin (16/8/2021). Foto: Ketua DPR Puan Maharani di rapat paripurna pembukaan masa sidang 2021-2022. (Screenshot YouTube Setpres)
Jakarta -

Kebaya Nusantara mewarnai Sidang Tahunan MPR, Senin (16/8/2021). Busana tradisional perempuan Indonesia itu membungkus tubuh Puan Maharani hingga Krisdayanti.

Di perhelatan tahunan yang digelar tiap menjelang perayaan HUT RI itu, Ketua DPR Puan Maharani muncul dalam balutan kebaya putih. Bukan kebaya Jawa, melainkan kebaya khas baju adat payas agung dari Bali.

Pakaian adat khas Bali yang dikenakan Ketua DPR RI Puan MaharaniPakaian adat khas Bali yang dikenakan Ketua DPR RI Puan Maharani (Foto: Dok. Istimewa)

Warna pilihan Puan terbilang menarik. Sebagai putri pendiri PDI-P, Megawati, perempuan 47 tahun itu bisa saja memilih warna merah khas partainya. Alih-alih merah, putih yang diandalkannya.

Penyanyi Krisdayanti yang juga anggota Komisi IX DPR turut tampil maksimal dengan kebaya meski hanya bisa menghadiri Sidang secara daring. Kebaya merah menjadi pilihan kader partai berlogo banteng itu.

Kebaya Krisdayanti di Sidang Tahunan 2021Kebaya Krisdayanti di Sidang Tahunan 2021 (Foto: Instagram/@krisdayantilemos)

Spirit Nasionalisme juga dihadirkan Presiden Joko Widodo lewat pilihan busananya. Ia kembali berbusana daerah seperti beberapa Sidang Tahunan sebelumnya.

Ia kedapatan mengenakan busana serba hitam dan ikat kepala. Bisa dilihat dari tas yang dikenakan jika busana tersebut berasal dari suku Baduy, Lebak, Banten.

Presiden JokowiPresiden Jokowi (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Adapun tas selempang atau koja yang menjadi ciri khas paling familiar dari Suku Baduy. Tas ramah lingkungan yang dibuat dari kulit pohon teureup itu dikenal kuat dan serba guna untuk membawa berbagai hal.

Tak jarang tas koja seperti yang dipakai Jokowi ini muncul dalam peragaan busana brand-brand lokal ketika memasukkan unsur tradisional dalam koleksi mereka.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga berbusana daerah. Baju adat Sulawesi Barat menjadi andalan Ketua Dewan Pertimbangan MUI itu. Baca selengkapnya di sini.

Di hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, detikcom juga punya acara seru untuk detikers yaitu Parade 17an di detikcom yang bisa kamu akses melalui detik.com/parade17an.



Simak Video "Gaya Puan Maharani hingga Krisdayanti di Sidang Tahunan MPR"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)