11 Gaya Jokowi Berbaju Adat, Ada yang Jadi Kontroversi

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 21 Jun 2021 14:56 WIB
Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden) Presiden Joko Widodo memakai baju adat Sabu di Sidang Tahunan MPR-DPR 2020. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun ke-60 hari ini, Senin (21/6/2021). Ulang tahun kali ini menjadi yang ketujuh sejak ia dilantik sebagai presiden pada 20 Oktober 2014.

Selama menduduki posisi orang nomor satu di Indonesia, Jokowi giat mempromosikan kebudayaan daerah untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Tanah Air. Salah satu caranya dengan memakai baju tradisional di berbagai kesempatan formal maupun informal.

Tak jarang gaya Jokowi ini kerap menarik atensi publik dan mengundang pujian. Namun, tak sedikit pula yang mencibirnya. Berikut deretan potret penampilan Jokowi dengan busana daerah:

1. Presiden Jokowi memakai baju adat Nias berwarna kuning dengan aksen bordiran oranye saat memberikan pidato di pendopo Kabupaten Nias, Gunungsitoli, Sumatera Utara, Agustus 2016.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di NiasPenampilan Jokowi di Nias. (Foto: Iqbal/detikcom)

2. Meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Morotai, Halmahera, April 2016 lalu, Jokowi memakai aksesori khas daerah tersebut yang dipadukan dengan kemeja putihnya. Dua aksesori yang dikenakannya berupa tutup kepala dan kain yang diselempangkan melingkari punggung hingga pinggang.

Jokowi di MorotaiJokowi di Morotai (Foto: Instagram Jokowi)


3. Saat berkunjung ke Balige, Sumatera Utara, pada 2016, Jokowi memakai baju adat Toba berselempang ulos, berikut topi yang disebut tali-tali. Aksesori tersebut sempat menjadi kontroversi lantara menuai cibiran di media sosial. Netizen membandingkan topi tersebut dengan wig milik Sia, penyanyi asal Australia.

Cara Jokowi Mengubah Wajah Danau TobaCara Jokowi Mengubah Wajah Danau Toba Foto: M Iqbal/detikcom


4. Jokowi menerima gelar kehormatan 'Upu Kalatia Kenalean Da Ntul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku' saat berkunjung ke Ambon, Februari 2017 lalu. Saat prosesi pemberian gelar, Jokowi mengenakan busana adat berwarna merah, putih, dan emas.

Presiden Jokowi Berjubah Adat MalukuPresiden Jokowi Berjubah (Dok. Sekretariat Kepresidenan)

5. Jokowi memilih baju adat Betawi saat menyambut Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Swedia Sylvia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Mei 2017.

foto Jokowi tampil beda mengenakan pakaian adat khas betawi saat menyambut Raja Swedia Carl XVI Gustaffoto Jokowi tampil beda mengenakan pakaian adat khas betawi saat menyambut Raja Swedia Carl XVI Gustaf (Foto: dok. Biro Pers Setpres)

6. Jokowi memakai baju adat berupa jas Bugis lengkap dengan songkok (peci) recca dan sarung songket bernuansa merah-oranye. Baju daerah ini dipakai Jokowi ke Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD, Rabu (16/8/2017).

Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla menghadiri pidato tahunan MPR, DPD, dan DPR. Jokowi hadir dengan mengenakan baju adat Bugis, sedangkan JK memakai baju adat Jawa Tengah.Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla menghadiri pidato tahunan MPR, DPD, dan DPR. Jokowi hadir dengan mengenakan baju adat Bugis, sedangkan JK memakai baju adat Jawa Tengah. (Foto: Lamhot Aritonang)

7. Saat berkunjung ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jokowi dinobatkan sebagai Raja Dayak oleh Ketua Dewan Adat Dayak Kalteng. Ia pun memakai topi dan pakaian khas Raja Dayak.

Jokowi pakai baju Raja DayakJokowi pakai baju Raja Dayak Foto: Instagram Jokowi


8. Menghadiri Parade Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat Sumba 2017, Jokowi mengenakan baju adat berupa kain tenun Sumba lengkap dengan penutup kepalanya.

Datang ke Sumba, Jokowi Kepincut Sandelwood dan Kain Tenun IkatDatang ke Sumba, Jokowi Kepincut Sandelwood dan Kain Tenun Ikat (Foto: Petrus Ola Keda/detikcom)


9. Bergeser sedikit ke Barat dari NTT, ada NTB. Inilah saat momen Jokowi mengenakan baju adat Sasak, Lombok, NTB, pada Sidang Bersama DPD-DPR 16 Agustus 2019.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai baju adat Sasak Nusa Tenggara BaratPresiden Joko Widodo (Jokowi) memakai baju adat Sasak Nusa Tenggara Barat (Foto: Istimewa)


10. Presiden Joko Widodo kembali memilih menggunakan pakaian adat dalam upacara HUT ke-74 RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019). Kali ini, Jokowi tampil tradisional dengan pakaian adat Klungkung, Bali. Ia tampil dengan beskap beludru hitam dengan bordiran emas. Busananya tersebut dipadankan dengan tenun ikat khas Klungkung.

Jokowi dan Jan Ethes di Istana jelang HUT ke-74 RI (Andhika Prasetia/detikcom)Jokowi dan Jan Ethes di Istana jelang HUT ke-74 RI (Andhika Prasetia/detikcom)

11. Baju adat Sabu, Nusa Tenggara Timur, menjadi andalan Jokowi saat menghadiri Sidang Tahunan MPR-DPR 2020. Tampak ada selendang dengan motif khusus di pakaian bagian bahu Jokowi. Selain itu Jokowi yang melengkapi gayanya dengan masker hitam juga memakai sarung keemasan bermotif kupu-kupu. Pakaian ini melambangkan manusia yang dilindungi oleh hewan.

Presiden Joko Widodo membungkukkan badan untuk memberi hormat kepada pimpinan dan anggota dewan di Sidang Tahunan MPR, Jumat (14/8/2020).Presiden Joko Widodo membungkukkan badan untuk memberi hormat kepada pimpinan dan anggota dewan di Sidang Tahunan MPR, Jumat (14/8/2020). (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)


Simak Video "Gaya Puan Maharani hingga Krisdayanti di Sidang Tahunan MPR"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)