Kisah Sukses Brand Fashion Indonesia Tampil di Times Square New York

Erika Dyah - wolipop Sabtu, 27 Mar 2021 15:10 WIB
Instagram Muhammad Saddad, CEO Erigo Foto: Instagram Muhammad Saddad, CEO Erigo
Jakarta -

Brand lokal asli Indonesia, Erigo, yang bergerak di industri fashion kini tak hanya dikenal di dalam negeri. Erigo telah mengharumkan nama Indonesia dengan keberhasilannya muncul di tengah hiruk pikuk Times Square New York, Amerika Serikat.

CEO Erigo, Muhammad Sadad menyebutkan hadirnya iklan Erigo di tengah Times Square, New York menjadi awal serta penanda Erigo sebagai fashion brand lokal asal Indonesia untuk melebarkan sayap dan memperluas pasar di Amerika Serikat. Sebagaimana diketahui, Times Square dikenal layaknya pusat dunia iklan bagi orang Amerika. Oleh karena itu, Sadad mengaku tak ingin menyia-nyiakan kesempatan langka tersebut.

"Ini bukan pencapaian akhir, melainkan titik awal perjalanan kami untuk terus berkembang dan memperluas bisnis Erigo. Bagi kami, sebuah kebanggaan dapat menampilkan brand Indonesia tetapi masih banyak mimpi-mimpi yang ingin kami capai untuk membawa Erigo agar dikenal hingga negara-negara lain dan menunjukkan bahwa produk lokal Indonesia memiliki potensi besar," ujar Sadad dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/3/2021).

Lebih lanjut Sadad menjelaskan brand fashion yang telah dibangunnya sejak 2013 ini mengalami peningkatan penjualan produk yang signifikan sejak bergabung bersama Shopee. Bahkan, lanjutnya, sepanjang tahun 2020 Erigo mencatatkan peningkatan pesanan hingga lebih dari 10 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Ia pun mengakui pihaknya tak pernah ketinggalan untuk berpartisipasi dalam setiap kampanye besar Shopee, baik di kampanye besar 9.9, 10.10, 11.11 atau di kampanye khusus kategori seperti 2.2. Men Sale dan 3.3. Fashion Sale. Tak hanya itu, Sadad pun mengungkap Erigo selalu mengikuti Shopee Super Brand Day dengan menghadirkan promo dan diskon besar-besaran bagi pengguna Shopee selama satu hari penuh.

Berkat partisipasi ini, jelasnya, Erigo terus berhasil menjadi brand favorit di berbagai kampanye besar tahunan Shopee, yang juga menjadi salah satu materi promosi yang mereka tampilkan di Times Square.

Tak berhenti di situ, Sadad menjelaskan Erigo semakin berkembang dengan bergabung ke program ekspor Shopee pada 2020 lalu. Ia menyebutkan saat ini produknya sudah dapat dibeli di negara-negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.

Sadad mengaku permintaan ekspor sebetulnya kerap didapatkan Erigo melalui chat dan direct message dari masyarakat luar negeri mengenai cara membeli produk dan pengiriman nya ke luar negeri.

"Hal ini tentu merupakan masukan yang bagus untuk Erigo, tetapi tentu kami sadar bahwa untuk melakukan ekspor itu tidaklah mudah proses nya. Sehingga saat kami ditawari untuk bergabung ke program ekspor Shopee, kami tidak pikir panjang untuk ikut dan berpartisipasi. Sudah berjalan selama hampir satu tahun, kami melihat respons yang positif dan tingkat pesanan yang memuaskan dari konsumen luar negeri yang mayoritas berasal dari negara Singapura dan Malaysia," ungkapnya.

Ia pun menyebutkan produk favorit yang biasa diekspor, yakni Chino Pants dan Coach Jacket.

"Shopee merupakan partner yang tepat untuk kita para UMKM lokal dengan platform yang tersedia yang memungkinkan kita berjualan secara online dan mengembangkan bisnis kita," tuturnya.

Dalam upaya mengembangkan brand Erigo, sebagai bagian persiapan kampanyenya idul fitri Erigo melakukan photoshoot serta pengambilan video di New York. Ia mengungkapkan di tengah persiapan tersebut Erigo mendapatkan kesempatan luar biasa untuk memasang iklan/TVC di billboard yang berada di tengah Kota New York atau Times Square.

Ia menjelaskan hal ini juga menjadi bukti bahwa brand lokal Indonesia dapat bersaing dan memasuki pasar Amerika. Sadad pun mengungkapkan sebagai perwakilan brand casual fashion Indonesia yang segera menjajaki pasar negeri Paman Sam, Erigo turut berpartisipasi menggaungkan kampanye #StopAsianHate di media sosial.

"Semoga cerita kami dapat menjadi semangat untuk para pelaku usaha lokal lain dan bersama kita bawa nama harum produk Indonesia. Jangan takut untuk memulai dan bermimpi. Semuanya akan dimulai jika kita sudah mulai melakukan sesuatu," ungkapnya.

Sebagai informasi, Shopee berkolaborasi dengan Sekolah Ekspor (asosiasi gabungan antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia serta Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (SMESCO)) berupaya mewujudkan 500.000 eksportir hingga tahun 2030. Program ini dimulai pada awal Maret 2021 dan didukung juga oleh Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Perdagangan.

(mul/ega)