Ini Alasan Kemeja Putih Jadi Fashion Item Wajib bagi Setiap Wanita

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Jumat, 19 Mar 2021 18:10 WIB
MASSHIRO&Co. Foto: MASSHIRO&Co.
Jakarta -

Meski terlihat sederhana, kemeja putih punya peranan besar dalam menunjang keseluruhan penampilan. Sebab warna putih disebut sebagai salah satu pilihan warna yang timeless dan versatile sehingga cocok dan mudah dipadupadankan dengan beragam outfit lainnya.

Oleh karena itu, kemeja putih nggak boleh ketinggalan dalam must have items yang ada di lemari, apalagi jika kamu seorang perempuan. Kalau belum punya fashion item ini, berikut alasan mengapa kamu perlu memilikinya.

Krisanti Gondokusumo (Santi), Co-founder dari brand MASSHIRO&Co menilai kemeja putih tidak hanya berfungsi sebagai outfit, tapi juga item penunjang outfit. Pasalnya, kemeja warna putih mampu mengelevasi penampilan jadi lebih sophisticated, clean, serta rapi dalam satu waktu. Selain itu, menurutnya putih merupakan warna universal yang bisa dipakai untuk warna kulit apapun.

"Kemeja putih itu bikin pemakainya terlihat rapi, sophisticated, bersih. Lalu apapun warna kulitnya, apapun bentuk badannya, kemeja putih itu proper (dipakai). Nggak pernah under-dressed ataupun over-dressed," ujarnya kepada detikcom, Jumat (19/3/2021).

Santi menambahkan kemeja putih juga menjadi item yang bersifat versatile. Mau tampil pada momen santai ataupun formal, kemeja ini siap diandalkan untuk menunjang kegiatan hari-harimu. Mulai dari untuk ke kantor, ke kampus, bahkan untuk sekedar pergi ke pasar dan supermarket.

Kemeja putih juga bisa dipakai untuk acara liburan ke pantai bersama teman dan keluarga. Kamu bisa gunakan kemeja sebagai outer. Atau, kamu juga bisa sandingkan kemeja putih dengan celana pendek dan sandals.

"Mau dari ujian skripsi, kerja, ke supermarket, ke tempat ibadah. Itu bisa pakai kemeja putih. Itu kenapa seenggaknya harus punya satu (kemeja putih) di lemarinya," tuturnya.

Tidak hanya itu saja, Santi menyebut kemeja putih cocok untuk semua karakteristik, baik yang sporty, sexy, maupun minimalis. Jika ini look yang sporty, dia menyarankan untuk me-mix and match kemeja putih oversized dengan celana jeans yang oversized juga. Jangan lupa pakai sneakers supaya tampilanmu terlihat makin sporty dan boyish.

Santi merupakan salah satu founder dari MASSHIRO&Co. Bersama dengan kakaknya dan kedua teman, Santi mendirikan brand ini di tahun 2015.

Diungkapkannya, MASSHIRO&Co. lahir dari keresahan kakak perempuan dan temannya yang kala itu baru melahirkan anak pertama dan sedang bersiap untuk kembali bekerja.

Sebagai seorang perempuan karier, kemeja putih tentunya menjadi salah satu pilihan busana andalan untuk bekerja. Namun, kebanyakan kemeja menggunakan bahan yang mudah kusut jika digunakan seharian. Belum lagi jika harus memompa ASI. Dari situ, muncul ide untuk membuat pakaian kemeja yang bisa tetap rapi tapi nyaman dan praktis dikenakan.

"Dari situ kita membuat kemeja putih ini sebagai jawaban dari kebutuhan kita sendiri, kebutuhan para founders yang memang wanita karir. Yang proper, yang memang nggak lecek, dan bisa dipakai kapan pun," jelasnya.

MASSHIRO&Co.MASSHIRO&Co. Foto: MASSHIRO&Co.

Dia mengatakan nama MASSHIRO&Co. diambil dari istilah bahasa Jepang, yaitu 'masshiro' yang berarti pure white sebagai representasi dari value yang hendak diusung, yaitu putih, sleek, dan clean.

"MASSHIRO itu nama Jepang yang artinya pure white. Jadi putih atau putih sekali. Ini pakai bahasa Jepang. Soalnya memang kita inspired dari kebudayaan Jepang yang teratur, dan menjunjung nilai yang kami pegang, yaitu honored dan integrity," paparnya.

Awalnya, MASSHIRO&Co. hanya mengeluarkan produk yang bernama AIMI. AIMI merupakan shirt dress yang simpel, rapi, dan bisa dikenakan di berbagai kesempatan, dan menjadi salah satu produk bestseller dari MASSHIRO&Co. hingga saat ini.

Kemudian, seiring dengan berjalannya waktu, produk MASSHIRO&Co. berkembang dan mulai memproduksi outfit lainnya, seperti fitted shirt dan oversized shirt. Untuk kategori fitted shirt, Santi menyebut CHA sebagai produk bestsellernya. Sedangkan AITO menjadi produk kategori oversized shirt dengan penjualan terbaik.

Selain model, Santi mengatakan MASSHIRO&Co. juga mulai mengeluarkan produk clothing dengan warna lain untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang masih belum percaya diri menggunakan outfit berwarna putih.

"Kita mulai keluarin warna lain, ada hitam, navy blue, summer blue, brown, dan sempat juga bikin warna merah. Color hanya sweetener karena ada orang yang ngerasa nggak pede pakai baju putih. Tapi tetap core collectionnya MASSHIRO&Co. warna putih," jelasnya.

Dijelaskannya, MASSHIRO&Co. juga menjadi brand fashion lokal yang mengusung sustainability, Salah satu langkah berkelanjutan yang diambil oleh MASSHIRO&Co. adalah menggunakan sustainable fabric serta eco-friendly packaging, yakni biodegradable polybag yang terbuat dari singkong.

Meski enam tahun sejak dibentuk, bisnis MASSHIRO&Co. semakin berkembang. Namun, Santi tidak memungkiri kondisi pandemi COVID-19 yang turut memberi dampak pada usahanya tersebut.

Dia mengatakan di awal pandemi Corona penjualan offline di department store menurun drastis, sehingga MASSHIRO&Co. memutuskan untuk memperluas pasarnya secara online. Salah satunya dengan memanfaatkan platform e-commerce seperti Tokopedia, di samping webiste yang memang sudah berjalan sebelumnya.

Strategi itu sukses membuat MASSHIRO&Co. bertahan di tengah gempuran pandemi. Selain itu, diakuinya sejak bergabung di Tokopedia, MASSHIRO&Co semakin dikenal banyak orang dan mendatangkan banyak pembeli baru. Dia menilai, kemudahan transaksi di Tokopedia serta promo Bebas Ongkir menjadi salah satu faktor pendorongnya.

"Kita banyak pelanggan baru dari Tokopedia. Dari Tokopedia juga dibantu di-boost salesnya. Banyak akuisisi customer baru. Dengan adanya Tokopedia, kita lihat banyak customer yang senang transaksi di Tokopedia karena gampang transaksinya. Jadi bisa sekaligus belanja, sekaligus checkout, plus ada promo Bebas Ongkir. Jadi makin-makin banyak yang belanja. Jadi di situ kita terbantu banget," pungkasnya.

(ncm/ega)