Brand Perhiasan Lokal Ini Konsisten Sabet Penghargaan Internasional

Inkana Putri - wolipop Sabtu, 13 Mar 2021 14:15 WIB
Dok. Frank & Co. Foto: Dok. Frank & Co.
Jakarta -

Brand perhiasan Frank & Co. Jewellery dari PT Central Mega Kencana kembali menyabet gelar 'Brand of The Year' untuk kategori jewellery terkemuka di Indonesia tahun ini. Gelar tersebut diberikan pada ajang Brand of The Year Awards yang digelar World Branding Awards 2020-2021 di London, Inggris kemarin.

Operational Director PT Central Mega Kencana, Petronella Soan mengatakan penghargaan tersebut didapatkan berkat upaya perusahaan mempertahankan eksistensi brand sehingga tetap dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

"Seperti kebanyakan pelaku bisnis di dunia, pandemi COVID-19 telah mempercepat akselerasi strategi pemasaran yang mereka lakukan melalui kanal digital. Langkah ini juga kami lakukan untuk tetap mempertahankan kehadiran brand kami agar tetap diperhitungkan dan relevan sehingga mampu memenuhi kebutuhan dan pergeseran perilaku konsumen yang juga berubah," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/3/2021).

Lebih lanjut, Petronella menyampaikan selama pandemi, pihaknya juga terus melakukan berbagai cara inovatif dan kreatif untuk menarik minat konsumen. Frank & Co juga menyiapkan website resmi untuk menambah pengalaman belanja konsumen.

"Kami juga telah melakukan beberapa langkah terobosan dalam menjamin kualitas produk kami melalui sertifikasi SNI-13-3487-2005 pertama di Indonesia untuk seluruh produk perhiasan emas kami dan juga mempersiapkan pengalaman berbelanja secara langsung yang menyenangkan melalui website kami, serta edukasi ke frontliners untuk peningkatan service excellence," katanya.

Selama 2020, Frank & Co juga telah berkolaborasi dengan beberapa pihak melalui konten-konten yang relevan dengan selera konsumen, serta melibatkan artis, musisi, dan penulis dalam kampanyenya. Salah satunya yakni kampanye 'Mimpi Dilamar' dan 'Music from Home' dengan pihak mall serta beberapa publisher untuk memberikan konten edukasi tentang perhiasan berlian.

Di bulan Oktober 2020, Frank & Co. juga berkolaborasi dengan musisi Randy Pandugo melalui peluncuran lagu dan video klip 'Home'. Adapun kolaborasi ini merupakan bagian dari kampanye peluncuran seri koleksi Wedding Ring 'Ever Ours' dan Engagement Ring 'Alegria.

Terkait penghargaan ini, Ketua World Branding Forum mengatakan acara ini merupakan perayaan bagi para pemasar terbaik dari seluruh dunia dan apresiasi atas upaya tim yang telah mempertahankan kehadiran brand mereka di pasar yang dinamis.

Sebagai informasi, Brand of The Year Awards telah diselenggarakan sebanyak 12 kali. Ajang ini melibatkan 400 merek dari lebih dari 45 negara yang dinominasikan oleh 259.000 konsumen di seluruh dunia.

Penghargaan diberikan kepada para brand yang tetap melakukan cara inovatif dan kreatif di tengah pembatasan yang dilakukan beberapa negara selama satu tahun terakhir.

Proses voting dan nominasi juga dilakukan selama pandemi global COVID-19. Pemenang dari masing-masing kategori ditentukan berdasarkan tiga tahapan penilaian, yakni valuasi merek, riset pasar konsumen, dan pemungutan suara secara publik. Sebanyak 70 persen dari proses penilaian berasal dari suara konsumen dan hanya menghasilkan satu pemenang di setiap kategori per negara.

(akd/eny)