Selaras Alam dan Teknologi di Jam Tangan Mewah Terbaru Seiko

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 01 Mar 2021 18:54 WIB
Grand Seiko Grand Seiko SLGH005 (Foto: Dok. Seiko)
Tokyo -

Merayakan 140 tahun eksistensinya, Seiko merilis deretan jam tangan mewah terbaru. Alam menjadi inspirasi yang diselaraskan dengan inovasi teknologi terdepan dalam dunia arloji.

Merek jam tangan asal Jepang ini didirikan oleh Kintaro Hattori pada 1934. Mendapat julukan 'Raja Jam dari Timur', Kintaro berhasil membawa Seiko melalui masa-masa berat sampai menjadikannya sebagai salah satu merek jam tangan terdepan di dunia.

CEO Seiko yang juga cicit Kintaro, Shinji Hattori, mengenang kakek buyutnya sebagai sosok pekerja keras dan pantang menyerah di tengah keterbatasan. Salah satu motto hidup Kintaro adalah "Don't run but always keep going". Tak perlu lari, tapi usahakan selalu maju.

"Kata-katanya masih terngiang dan masih menginspirasi kita semua saat melalui waktu yang penuh tantangan demi mencapai masa depan yang cerah," ujar Hattori dalam sambutannya di Seiko Summit yang untuk pertama kalinya digelar secara virtual baru-baru ini.

Tak heran bila Seiko tetap meluncurkan koleksi jam tangan mewah terbaru ketika perekonomian melesu di tengah pandemi COVID-19. Lagipula, penjualan jam tangan mewah keluaran Seiko, khususnya merek premium seperti Grand Seiko, malah tak mengalami penurunan signifikan.

Sebaliknya, setahun terakhir performa Grand Seiko disebut Presiden Seiko Shuji Takahashi sangat baik. "Di Amerika Serikat, Grand Seiko menduduki peringkat keempat merek jam tangan dengan range harga US$ 5.000 - US$ 10.000," katanya.

Terinspirasi Alam

Salah satu produk terbaru yang diluncurkan di Seiko Online Summit adalah SLGH005 dari lini Grand Seiko.

Inspirasi desainnya datang dari pohon birch putih yang kebetulan banyak tumbuh di sekitar studio Shizukuishi Grand Seiko di prefektur Iwate, Jepang.

Seiko 2021Grand Seiko SLGH005 (Foto: Dok. Seiko)

Tampilan pohon birch putih terlihat jelas menghiasi bagian dial, menciptakan tekstur yang mewah dan elegan.

Arloji mekanik ini didukung mesin balance wheel atau roda keseimbangan. Efeknya, mesin bergerak dengan kecepatan stabil sekaligus menciptakan suara detak khas, juga tidak luput dari perhatian.

Grand Seiko SLGH005 dibanderol seharga 9.500 euro atau sekitar Rp 163 juta.

Keindahan Negeri Empat Musim

Seiko 2021Grand Seiko GMT 2021 (Foto: Dok. Seiko)

Hadir pula Grand Seiko GMT yang merayakan keindahan Jepang sebagai negara empat musim. Ada Shunbun (mewakili musim semi), Shōsho (musim panas), Kanro (musim gugur) and Tōji (musim dingin).

Untuk seri Shanbun dan Shoso, dilengkapi mesin Hi-Beat 36000 GMT kaliber 9S86 w. Sementara Spring Drive GMT caliber 9R66 memperkuat Kanro dan Toji. Harga koleksi ini berkisar antara 6.800 euro dan 7.600 euro atau sekitar Rp 117 juta dan Rp 130 juta.

Jiwa Sporty

Seiko 2021Seiko Alpinist 2021 (Foto: Dok. Seiko)

Bagi Anda yang berjiwa sporty, patut melirik jajaran arloji yang ditawarkan Seiko. Salah satunya Alpinist yang hadir dengan wajah baru. Edisi ini merupakan 'peremajaan' dari seri klasik jam tangan gunung pertama Seiko yang dirilis pada 1959. Dial yang lebih langsing serta varian strap rantai yang menggantikan kulit membuatnya terasa lebih modern.

Seiko juga menyertakan Naomi Uemura 80th Anniversary Limited Edition dalam koleksi terbaru untuk 2021. Dirilis perdana pada 1965, jam tangan ini pernah terbukti kekuatannya saat dipakai oleh petualang Jepang yang bernama Naomi Uemura untuk melakukan perjalanan sepanjang 12,500 km dari Greenland ke Alaska pada 1974 - 1976.

Seiko 2021Seiko Naomi Uemura 80th Anniversary Limited Edition (Foto: Dok. Seiko)
(dtg/dtg)