Ramai di TikTok, Gaya Fashion Jalanan Orang China yang Super Stylish

Hestianingsih - wolipop Jumat, 24 Jul 2020 19:30 WIB
fashionista tokyo Ilustrasi fashionista. Foto: Instagram
Jakarta -

Soal gaya busana, orang-orang China ternyata tak kalah dengan Prancis, Italia atau Korea Selatan yang dikenal sebagai negara fashion. Belum lama ini ramai di TikTok gaya street style di Negeri Tirai Bambu yang mengubah jalanan menjadi seperti fashion runway.

Akun TikTok bernama @eromei menarik perhatian netizen karena mem-posting video kompilasi yang memperlihatkan pria dan wanita tampil di jalan umum dengan gaya stylish bak model. Video tersebut memiliki pola yang sama. Pria atau wanita berjalan dan saat mereka terlihat 'tak sengaja' melirik ke kamera, video dibuat slow motion, untuk memberikan efek dramatis.

@eromei

due to popular demand 🌝❤️🇨🇳 which fit is your favorite? 😌✨ ##fyp ##chinesestreetfashion ##chinesetikok

♬ you should see me in a crown - Billie Eilish

Gaya para fashionista ini membuat netizen kagum karena membuat mereka seperti model yang melenggang di catwalk. Busana yang dikenakan pun tak sembarangan. Mulai dari brand Christian Dior sampai Chanel.

Video viral ini awalnya di-posting lewat platform media sosial China mirip TikTok, Douyin, yang dikembangkan perusahaan teknologi berbasis di Beijing. Namun belakangan banyak pengguna Douyin yang mem-posting ulang ke akun TikTok sehingga makin banyak orang yang melihat.

Menurut Yin, salah satu pengguna TikTok, memang ada sekelompok fotografer dan videografer yang khusus berburu foto maupun video orang-orang dengan busana stylish. Karya-karya mereka ini awalnya hanya dibagikan ke komunitas fotografer hingga akhirnya jadi viral di media sosial.

Seperti dikutip dari Buzzfeed, kebanyakan foto dan video diambil di sejumlah tempat populer. Seperti Taikoo Li, distrik yang jadi surga belanja di Chengdu. Ada pula Sanlitun, restoran dan pusat hiburan malam di Beijing, dan Xintiandi yang merupakan distrik fashion legendaris di Shanghai.

@eromei

so the last two are actually girls ##fyp ##chinesestreetfashion ##chinesetiktok ##chienseboy

♬ Boys - Acoustic - Charli XCX

Kebanyakan fashionista yang tertangkap kamera sebenarnya bukan orang awam. Rata-rata berprofesi sebagai model dan influencer yang memang berani tampil beda dan fashionable. Mereka pun sengaja pergi ke tempat di mana banyak fotografer dan videografer berkumpul untuk mendapatkan exposure.

Jadi bisa dibilang video yang viral itu tidak dibuat secara spontan tapi lebih seperti plandid, yakni foto 'candid' yang direncanakan (planned). China sendiri memang rumah bagi sejumlah kota kosmopolitan di mana masyarakatnya berlomba-lomba tampil semenarik mungkin untuk mencuri perhatian. Gaya high fashion mereka pun membuat jalanan kota menjadi seperti pekan mode.

"Dengan meningkatnya budaya influencer, banyak influencer yang keluar rumah dengan memakai busana stylish dengan harapan bisa direkam dan video-nya jadi viral di Douyin agar semakin banyak dilihat orang," kata Yin.

Tren ini pun dimanfaatkan banyak brand sebagai media untuk beriklan. Saat produk mereka digunakan para influencer maupun model dan mendapat publikasi yang viral maka brand awareness juga semakin kuat.

"Cara ini digunakan banyak brand sebagai metode periklanan. Saya yakin ini merupakan cara yang lebih relatable untuk mempromosikan pakaian," tambahnya.

@eromei

with your favorite boy at the end ##fyp ##chinesetiktok ##chinesestreetfashion ##chineseboy

♬ Pump - Valentino Khan

Saat mem-posting video atau foto, mereka biasanya akan memberikan tag atau tautan yang langsung mengarah ke situs brand yang produknya dipakai. Umumnya para fotografer dan videografer yang mengunggahnya dan ini menjadi sebuah simbiosis mutualisme di mana setiap pihak sama-sama menguntungkan.

Satu unggahan video kompilasi bisa ditonton hingga puluhan ribu kali. Bahkan ada yang mencapai ratusan ribu dan jutaan ribu views di TikTok maupun Douyin.

"Menurut saya hal ini sangat memberi penyegaran bagaimana orang-orang jadi punya sudut pandang baru tentang fashion street China. Saya harap melalui video-video ini, orang jadi lebih tertarik untuk mengenal China," pungkasnya.



Simak Video "Viral Wanita Perawatan dengan Siput di TikTok, Ini Manfaatnya"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)