KPopers Perlu Tahu, Ini Bapak-bapak yang Bikin Kostum BTS Hingga TWICE

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 18 Jun 2020 19:30 WIB
pembuat kostum bts Foto: Youtube
Jakarta -

Kini banyak girlband dan boyband yang tampil keren di berbagai acara dengan sponsor busana dari brand-brand high end dunia. Tapi tentu tidak semua busana yang mereka kenakan di panggung adalah branded. Masih banyak kostum panggung yang dibuat lokal oleh bapak-bapak ini.

Channel YouTube KLAB baru-baru ini mewawancara para pembuat kostum panggung idol KPop. Bukan desainer muda, ternyata mereka rata-rata berusia 60 tahunan. Mereka pun sudah sangat berpengalaman dalam membuat busana, termasuk untuk nama-nama besar KPop, mulai dari H,O.T, BTS, TWICE, MAMAMOO, hingga NU'EST.

"Aku tidak membuat baju untuk uang tapi karena menyenangkan. Aku bisa berbicara dengan anak-anak yang lebih muda dari cucu-cucuku. Lalu aku menyerahkan bisnis ini kepada anak tertuaku," ungkap Jeong Jongyun, pemilik Cheonghwasa.

pembuat kostum btsPara Pembuat Kostum Idol KPop Foto: Youtube

JeongJongyun yang sudah lebih dari 60 tahun membuat kostum itu pun bercerita bagaimana mereka bisa terjun dalam bisnis ini. Pria tersebut mengaku jika desainer kenamaan HaYongsu pernah memberikan mereka pekerjaan kepadapabriknya. Setelah itu mereka mulai sering mengerjakan kostum-kostum artis.

Hampir semua penyanyi legendaris pun pernah membuat kostum panggung di Cheonghwasa. Beberapa di antaranya, seperti Seo Taeji & Boys, H.0.T, Shinhwa, G.0.D, hingga JYP. Kpoper pasti tahu beberapa baju ikonik yang pernah mereka buat seperti kostum H.O.T untuk lagu Candy hingga celana transparan J.Y.P.

pembuat kostum btsPara Pembuat Kostum Idol KPop Foto: Youtube


"Saat penyanyi sangat terkenal, mereka tidak lagi membuat kostum. Mereka disponsori brand mewah. Kami membuat kostum mereka sampai mereka terkenal. Aku rasa aku tidak akan membuat kostum dengan bahan-bahan dari pasar untuk penyanyi top class," kata anak Jongyun, Jeong Junho.

Meski demikian, Cheonghwasa masih dipercaya para stylist grup-grup terkenal. Stylist GOT7 bahkan mengakui kemampuan mereka yang selalu tepat waktu dan tidak pernah keliru dalam membuat kostum. Para bapak-bapak ini juga merupakan tim di balik kostum BTS yang dipakai untuk membuka rangkaian world tour.

pembuat kostum btsPara Pembuat Kostum Idol KPop Foto: Youtube

Tak hanya membuat kostum idol, mereka juga mengaku peduli dengan kondisi para penyanyi muda dan staf-staf yang punya jadwal padat tersebut. "Setelah Corona aku pikir mungkin ini baik untuk beberapa bulan. Karena penyanyi lelah dengan jadwal yang padat setiap hari dan idol-idol populer bahkan tidak bisa tidur. Stylist juga sibuk dengan jadwal dan pergi ke pasar untuk membuat kostum. Begitu juga dengan perias. Dari pagi hingga malam, Jadwal sibuk untuk penyanyi dan staf," kata Junho.

pembuat kostum btsPara Pembuat Kostum Idol KPop Foto: Youtube

"Ini adalah Cheonghwasa yang pernah dilalui para idol. Ketika mengukur mereka, kami akan bilang 'Kalian akan sukses', 'Kalian akan terkenal', dan kebanyakan dari mereka benar jadi terkenal," tambahnya.

Hal serupa juga dikatakan Kim Youngjin yang punya pengalaman lebih dari 40 tahun membuat kostum. Karena mengenal lebih dekat para idol ini, ia jadi punya simpati pada mereka lebih dari kebanyakan bapak-bapak. "Karena aku membuat pakaian untuk idol aku jadi tertarik dengan mereka. Aku menonton acara TV dan YouTube mereka. Aku merasa bangga. Aku jadi peduli dengan mereka dan berharap mereka sukses," katanya.

pembuat kostum btsPara Pembuat Kostum Idol KPop Foto: Youtube

"Aku suka dengan semua idol yang membuat kostum di pabrik kami. Aku tidak peduli apakah mereka terkenal atau tidak, selagi mereka membuat kostum di sini aku adalah fans tanpa syarat," tutur Jongyun.



Simak Video "Tren Masker Premium di Masa New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)