Daftar Brand Fashion Dunia yang Beri Bantuan di Tengah Krisis Virus Corona

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 29 Mar 2020 16:33 WIB
BARCELONA, SPAIN - OCTOBER 20:  People walk past a Zara clothing store on Passeig de Gracia avenue on October 20, 2017 in Barcelona, Spain. As the Catalan independence crisis deepens tourism, which is a vital economic input for the entire region, seems little impacted.  (Photo by Sean Gallup/Getty Images) Louis Vuitton yang berada di bawah naungan LVMH turut memberikan bantuan di tengah krisis wabah virus corona. (Foto: Mike Hewitt/Getty Images)
New York City -

Dunia tengah bergumul dengan pandemi COVID-19. Meski bisnis mereka ikut terdampak, sejumlah desainer dan merek fashion dunia tak lupa untuk memberikan bantuan.

Jumlah bantuannya pun tak tanggung-tanggung sampai ratusan miliar rupiah. Bahkan, tak sedikit pula yang mengerahkan pabrik garmen mereka untuk memproduksi pakaian medis, termasuk alat pelindung diri (APD) seperti hazmat dan masker.

Berikut daftar brand fashion dunia yang ikut berbuat kebaikan di tengah wabah virus corona:


1. Zara

Daftar Brand Fashion Dunia yang Beri Bantuan di Tengah Krisis Virus CoronaButik Zara (Foto: Getty Images)

Spanyol menjadi salah satu negara yang terdampak virus corona. Kondisi tersebut lantas memotivasi Inditex, raksasa fashion Spanyol yang menaungi Zara dan Pull & Bear, untuk ambil bagian dalam meringankan beban pemerintah.

Inditex menyatakan telah mendonasikan 10 ribu masker bedah kepada pemerintah setempat dan akan mengirimkannya lagi dalam jumlah yang lebih besar. "Akhir minggu ini, diharapkan 300 ribu masker bedah sudah dalam pengiriman," tulis Inditex dalam keterangan resminya seperti dikutip Vogue, Rabu (18/3/2020).

Untuk memenuhi kebutuhan produksi masker, Inditex memastikan pengiriman pasokan material akan dilakukan setidaknya seminggu sekali. Inditex juga berencana untuk memproduksi APD di pabrik-pabrik garmennya. "(Inditex) sedang mencari peluang bagi pabrik tekstil kami untuk mengganti kapasitas produksi sebagai penyedia kebutuhan material medis dengan melibatkan para pakar manufaktur Inditex," tulis Inditex.


2. LVMH

Daftar Brand Fashion Dunia yang Beri Bantuan di Tengah Krisis Virus CoronaBos LVMH Bernard Arnault (Foto: Getty Images)

LVMH yang dipimpin oleh Bernard Arnault ikut bereaksi terhadap penyebaran virus Corona yang semakin meluas. Perusahaan yang menaungi sejumlah brand fashion high-end seperti Louis Vuitton, Dior dan Givenchy itu akan memproduksi hand sanitizer.

LVMH lewat unit lini kosmetiknya akan memproduksi gel desinfektan dalam skala besar untuk membantu menambah ketersediaan yang mulai menipis di Prancis. "LVMH akan menggunakan produksi di bawah lini parfum dan kosmetik untuk memproduksi gel hydroalcoholic dalam jumlah besar mulai Senin," demikian pernyataan LVMH, seperti dikutip dari New York Post.


3. Kering

Daftar Brand Fashion Dunia yang Beri Bantuan di Tengah Krisis Virus CoronaKoleksi museum Yves Saint Laurent di Paris (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)

Rival LVMH, Kering tidak ketinggalan untuk turun tangan. Grup pimpinan Fran├žois-Henri Pinault ini ikut membantu ketersediaan stok masker.

Kering menyatakan, dua label yang dinaunginya, Saint Laurent dan Balenciaga, akan memproduksi masker bedah. "Pabrik Kering untuk Balenciaga dan Yves Saint Laurent sedang bersiap untuk membuat masker sembari menyesuaikan standar kesehatan untuk para staf. Produksi bisa segera dilakukan setelah mendapat persetujuan dari pihak berwenang," demikian pernyataan Kering seperti dikutip BBC.

Keterbatasan masker menjadi masalah besar di Prancis, Italia dan Spanyol menyusul wabah virus corona. Kabarnya, para dokter yang berada di garda terdepan dan petugas keamanan sudah mengeluh karena tidak cukupnya masker. Mereka bahkan tak segan-segan berhenti bertugas bila masalah tersebut tak segera teratasi.

4. Ralph Lauren

Daftar Brand Fashion Dunia yang Beri Bantuan di Tengah Krisis Virus CoronaRalph Lauren (Foto: Getty Images)

Desainer senior Ralph Lauren ikut meringankan beban mereka yang terdampak virus corona. Tak tanggung-tanggung, ia mengucurkan dana sampai ratusan miliar rupiah untuk membantu penanganan wabah virus mematikan tersebut.

Bantuan tersebut diberikan Ralph Lauren melalui yayasan amalnya, Ralph Lauren Corporate Foundation. Total donasi mencapai US$ 10 juta atau sekitar Rp 160 miliar. "Di hati perusahaan kami, selalu ada semangat kebersamaan yang menginspirasi kreativitas, percaya diri kami dan yang terpenting rasa mendukung satu sama lain," ujar Ralph Lauren dalam pernyataan resminya seperti dikutip Harper's Bazaar, Kamis (26/3/2020).

Dana tersebut lalu akan distribusikan kepada beberapa pihak yang membutuhkan, mulai dari organisasi kesehatan WHO sampai karyawan Ralph Lauren yang terdampak. Tidak cuma korban Covid-19, Ralph juga mendistribusikan bantuan kepada para pasien kanker yang kena imbas wabah virus corona.

5. Christian Siriano

Daftar Brand Fashion Dunia yang Beri Bantuan di Tengah Krisis Virus CoronaChristian Siriano (Foto: Getty Images)

Desainer Amerika Serikat Christian Siriano begitu prihatin dengan krisis masker di hampir seluruh rumah sakit yang menangani pasien virus corona di New York City. Masker habis diborong warga di saat tenaga medis juga sangat membutuhkannya.

Sebuah inisiasi lantas muncul di benak Christian untuk membuat masker dan menyumbangkannya kepada rumah sakit yang membutuhkan. Lewat sebuah cuitan, ia menawarkan bantuan tersebut kepada Gubernur New York Andrew Cuomo. "Jika @NYGovCuomo bilang masker sangat dibutuhkan saat ini, timku akan bantu membuatnya. Aku punya tim penjahit yang siap bekerja dari rumah untuk membantu," kicau desainer jebolan kompetisi 'Project Runway' itu di Twitter, Jumat (20/3/2020).

Gayung bersambut, cuitan tersebut langsung dibalas Gubernur. Setelah mendapat respons positif, Christian langsung membuat masker di rumahnya di Connecticut. Ia dan tim berupaya bisa mengerjakan 1.000 buah masker sesuai standar FDA (Food and Drug Administration) maksimal dalam dua hari agar bisa segera disumbangkan.

Ia pun berharap, langkah yang sama bisa dilakukan oleh rekan-rekannya sesama desainer. "Menurutku, jika ada desainer lain yang masih punya tim yang bisa menjahit, terutama di New York, kita bisa membuatnya seratus buah per hari. Banyak orang yang sedang berjuang di rumah sakit. Fashion dapat mengubah segalanya dalam sepekan," kata Christian.



Simak Video "Wow! Brand Fashion YSL Jual Kondom"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)