Giliran Balenciaga dan Saint Laurent Siap Produksi Masker Bedah untuk Donasi

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 25 Mar 2020 15:30 WIB
pakai masker Foto: shutterstock
Jakarta -

Komunitas fashion terus bersatu untuk menghadapi pandemi Covid-19. Kali ini giliran grup fashion Prancis Kering yang siap membantu ketersediaan stok masker.

Kering menyatakan, dua label yang dinaunginya, Saint Laurent dan Balenciaga, akan memproduksi masker bedah. "Pabrik Kering untuk Balenciaga dan Yves Saint Laurent sedang bersiap untuk membuat masker sembari menyesuaikan standar kesehatan untuk para staf. Produksi bisa segera dilakukan setelah mendapat persetujuan dari pihak berwenang," demikian pernyataan Kering seperti dikutip BBC.

Keterbatasan masker menjadi masalah besar di Prancis, Italia dan Spanyol menyusul wabah virus corona. Kabarnya, para dokter yang berada di garda terdepan dan petugas keamanan sudah mengeluh karena tidak cukupnya masker. Mereka bahkan tak segan-segan berhenti bertugas bila masalah tersebut tak segera teratasi.



Kering juga berjanji akan membeli 3 juta masker dari China untuk disumbangkan kepada lembaga kesehatan Prancis. Gucci, juga berada di bawah naungan Kering, turut memproduksi masker dan akan mendonasikan 1,1 juta masker dan 55 ribu baju medis untuk Italia.

Rival Kering, LVMH, telah mengambil langkah yang sama. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 40 juta masker sudah dipesan dari China untuk menambah stok masker di Prancis.



Di Spanyol, Inditex, raksasa tekstil yang memiliki Zara, menyatakan telah mendonasikan 10 ribu masker bedah kepada pemerintah setempat dan akan mengirimkannya lagi dalam jumlah yang lebih besar. "Akhir minggu ini, diharapkan 300 ribu masker bedah sudah dalam pengiriman," tulis Inditex dalam keterangan resminya seperti dikutip Vogue, Rabu (18/3/2020).

Untuk memenuhi kebutuhan produksi masker, Inditex memastikan pengiriman pasokan material akan dilakukan setidaknya seminggu sekali.




Simak Video "Wow! Brand Fashion YSL Jual Kondom"
[Gambas:Video 20detik]
(dng/eny)