Cerita di Balik Baju Jokowi dan Susi Pudjiastuti di New York Fashion Week

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 18 Feb 2020 17:49 WIB
2madison Koleksi 2Madison yang naik pentas di New York Fashion Week Fall 2020. (Foto: dok. Tim Muara Bagdja)
Jakarta -

Desainer Tanah Air Maggie Hutauruk-Eddy kembali ke panggung New York Fashion Week di New York City, Amerika Serikat, untuk memamerkan rancangan terbarunya. Kerusakan lingkungan yang terjadi akibat ulah manusia menjadi inspirasi utama Maggie untuk koleksi busana tersebut.

Membawa label 2Madison, Maggie untuk ketiga kalinya menjadi bagian dari New York Fashion Week. Koleksi tersebut naik pentas pada Senin (10/2/2020) dalam sebuah peragaan yang turut menampilkan karya sejumlah desainer Asia lainnya di bawah naungan Council of Asian Designers of America (CADA).

"Untuk fashion show ketiga ini, saya nggak mau cuma sekadar pamer baju. Saya pengin ada sebuah pesan besar untuk dunia," ungkap Maggie, Selasa (18/2/2020).

Cerita di Balik Baju Jokowi dan Susi Pudjiastuti di New York Fashion WeekMagie Hutauruk, pendiri dan desainer label 2Madison. (Foto: dok. Tim Muara Bagdja)


Maggie lalu teringat dengan sosok aktivis lingkungan Greta Thunberg yang dikaguminya. Berasal dari Swedia, gadis 17 tahun itu sukses menyita perhatian dunia lantaran vokal menggaungkan isu pemanasan global dan dampak buruknya. "Di saat banyak anak-anak seusia dia lebih main TikTok, she's actually campaigning," ungkap Maggie


Dari situ, tercipta koleksi yang beberapa busananya dihiasi visual berbentuk wajah Greta dengan jaket kuning khasnya. Maggie bahkan menyandingkan wajah Greta dengan Presiden AS Donald Trump yang kerap mengejeknya di media sosial.

Cerita di Balik Baju Jokowi dan Susi Pudjiastuti di New York Fashion WeekFoto: dok. Tim Muara Bagdja



"Ini seperti doa saya buat Trump, janganlah kau olok-olok Greta yang masih anak-anak ini," kata Maggie sambil berseloroh. "Trump sebagai pemimpin seharusnya mendukung upaya Maggie untuk menyelamatkan bumi," sambungnya.

Selain Greta dan Trump, Maggie turut menyertakan wajah Presiden Jokowi dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di busana rancangannya yang didominasi oleh motif terumbu karang itu. Maggie sangat mengagumi kedua sosok tersebut karena dinilai sangat inovatif dalam memimpin.

Cerita di Balik Baju Jokowi dan Susi Pudjiastuti di New York Fashion WeekFoto: dok. Tim Muara Bagdja



Maggie mengaku sempat mengundang Susi Pujdiastuti untuk menghadiri peragaannya di New York Fashion Week. Meski berhalangan hadir, perempuan yang kerap jadi sorotan karena gayanya yang nyentrik itu memberi apresiasi lewat Instagram. "Nggak nyangka banget beliau mau mem-posting karya saya di Instagram," kata Maggie.

Butuh waktu 1,5 bulan untuk mempersiapkan koleksi bertajuk 'League' ini. Maggie telah menyiapkan 36 look, walau pada akhirnya hanya 16 look yang naik pentas.


Cerita di Balik Baju Jokowi dan Susi Pudjiastuti di New York Fashion WeekFoto: dok. Tim Muara Bagdja



Menyuarakan pentingnya menjaga lingkungan, Maggie sebisa mungkin menerapkan teknik yang eco-friendly saat berkarya. Selain menggunakan bahan daur ulang, ia juga menyumbangkan sisa-sisa potongan kain kepada perajin aksesori.


"Saya juga punya aturan ketat di workshop. Kalau ada karyawan yang kedapatan masih bawa botol plastik, saya suruh pulang," tegas Maggie.



Simak Video "Eksklusif! Maggie Hutauruk dan 2Madison Melenggang di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(dng/hst)
dRooftalk
×
Corona Meluas, Pilkada Tetap Digas
Corona Meluas, Pilkada Tetap Digas Selengkapnya