Gagal 'Sustainable' di Karpet Merah BAFTAs 2020

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 03 Feb 2020 19:00 WIB
Actress Rooney Mara poses for photographers upon arrival at the Bafta Film Awards, in central London, Sunday, Feb. 2 2020. (Photo by Vianney Le Caer/Invision/AP) Scarlett Johansson dalam balutan gaun Versace di ajang penghargaan film BAFTAs 2020. (Foto: Vianney Le Caer/Invision/AP)
London -

Musim penghargaan berlanjut dengan EE British Academy Film Awards atau BAFTAs 2020. Berbeda dari tahun sebelumnya, BAFTAs 2020 mengusung semangat ramah lingkungan di karpet merah. Namun kenyataannya, itu tak sepenuhnya terjadi.

BAFTAs 2020 digelar di Royal Albert Hall, London, Inggris, pada Minggu (2/2/2020). Dua hari sebelumnya, pihak BAFTAs mengumumkan bahwa para selebriti yang hadir telah mendapatkan arahan untuk memakai pakaian yang 'sustainable' atau ramah lingkungan. Sebuah langkah yang belum pernah diambil oleh BAFTA (yang kerap disebut-sebut sebagai Oscar-nya insan perfilman Inggris) atau ajang penghargaan sekelasnya.

Rooney Mara memakai gaun hitam dari koleksi couture terbaru Givenchy di BAFTAs 2020.Rooney Mara memakai gaun hitam dari koleksi couture terbaru Givenchy di BAFTAs 2020. (Foto: Vianney Le Caer/Invision/AP)


Vogue mengabarkan, arahan tersebut disertai rekomendasi merek-merek fashion yang eco-friendly, sekaligus opsi perusahaan rental gaun dengan tujuan meminimalisir limbah fashion. Semua daftar disortir secara khusus oleh tim dari London College of Fashion's Centre.

Sifatnya memang tidak wajib, tapi para selebriti diharapkan ikut bergabung dalam gerakan cinta lingkungan ini lewat gayanya masing-masing. Sayangnya, tak semua mengindahkan 'dress-code' tersebut.

Gaun couture Dior menjadi andalan Charlize Theron di BAFTAs 2020.Gaun couture Dior menjadi andalan Charlize Theron di BAFTAs 2020. (Foto: Gareth Cattermole/Getty Images)



Kebanyakan dari mereka justru bersolek dengan gaun-gaun baru yang beberapa di antaranya secara khusus dibikin untuk acara tersebut. Seperti dikabarkan The Guardian, aktris Rooney Mara muncul dalam balutan gaun hitam dari koleksi couture Givenchy yang baru-baru ini dipamerkan di Paris Fashion Week.

Begitu pula Margot Robbie yang mengandalkan gaun Chanel dari koleksi couture Spring-Summer 2020. Sementara itu, Charlize Theron menebar pesonanya dengan gaun ungu couture Dior yang dibuat khusus oleh desainer Maria Grazia Chiuri untuknya. Ada pula Scarlett Johansson dengan gaun seksi bulu-bulu rancangan Donatella Versace.

Gagal 'Sustainable' di Karpet Merah BAFTAs 2020Aktris Saoirse Ronan memakai gaun hitam Gucci yang terbuat dari kain satin bekas. (Foto: Vianney Le Caer/Invision/AP)



Terlepas dari itu, ada pula selebriti yang ingin mengangkat gaya bertema 'sustainable' sesuai spirit BAFTAs 2020. Salah satunya nomine BAFTAs, Saoirse Ronan, dengan gaun hitam Gucci yang terbuat dari satin bekas.

Duchess of Cambridge, Kate Middleton, juga memberikan fashion statement tersendiri. Datang bersama Pangeran William yang menjabat sebagai Presiden BAFTA, ibu tiga anak ini mengandalkan gaun putih Alexander McQueen yang pernah dipakainya di Malaysia pada 2012 silam.

Gagal 'Sustainable' di Karpet Merah BAFTAs 2020Untuk BAFTAs 2020, Kate Middleton memakai ulang gaun lamanya yang dibuat oleh rumah mode Alexander McQueen.(Foto: Jeff Gilbert/Getty Images)



Seperti Kate, aktor Joaquin Phoenix turut memakai baju 'bekas'. Tuksedo karya Stella McCartney yang sempat jadi andalannya di Golden Globe Awards dan ajang penghargaan sebelumnya kembali menemani penampilan Joaquin di BAFTAs.



Simak Video "Ini Nih Sepatu Eco Material yang Ramah Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)