Pensiun Setelah 50 Tahun Berkarya, Jean-Paul Gaultier Gelar Show Terakhir

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 23 Jan 2020 16:27 WIB
Desainer Jean-Paul Gaultier menggelar fashion show terakhirnya setelah mengumumkan pensiun sebagai desainer setelah 50 tahun berkarya. (Foto: AP Photo/Francois Mori)
Paris -

Hari penting desainer Jean-Paul Gaultier akhirnya tiba juga. Pada Rabu (22/1/2020), Gaultier menggelar fashion show terakhirnya setelah memutuskan pensiun dari industri mode yang telah digelutinya selama 50 tahun.

Peragaan tersebut berlangsung dalam rangkaian Paris Haute Couture Fashion Week Spring-Summer 2020. Théâtre du Châtelet yang ikonis di Paris, Prancis, dipilih sebagai tempat untuk memamerkan persembahan terakhirnya.

Dikemas dalam konsep yang teatrikal, peragaan dibuka dengan adegan enam model pria membopong sebuah peti mayat hitam ke catwalk.

Jean-Paul Gauliter Pensiun, Fashion Show Terakhirnya Penuh KemeriahanPenampilan para model saat membuka fashion show terakhir Jean-Paul Gaultier di Paris Haute Couture Fashion Week Spring-Summer 2020. (Foto: AP Photo/Francois Mori)



Penampilan sejumlah model ternama juga ikut mewarnai hajatan tersebut, sebut saja the Hadid sisters, Bella dan Gigi, lalu Karlie Kloss, Irina Shayk dan Joan Smalls. Mereka memeragakan deretan gaun couture nan seksi dan provokatif yang selama ini menjadi garis desain khas sang perancang legendaris tersebut.

Menariknya, terdapat beberapa busana yang merupakan hasil daur ulang dari koleksi sebelumnya. Koleksi tersebut disebut Gaultier sebagai adibusana daur ulang pertamanya.

Jean-Paul Gauliter Pensiun, Fashion Show Terakhirnya Penuh KemeriahanBella Hadid ikut memeragakan koleksi couture terakhir Gaultier. (Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images)

"Di show pertama saya dan sekarang ini, show terakhir, selalu ada kreasi yang dibuat dari jeans yang pernah saya pakai," tambah pria 67 tahun itu seperti dikutip Associated Press. Dalam kesempatan tersebut, perancang yang tahun lalu mengkritik industri fashion karena limbah yang dihasilkan mengajak para tamu untuk mendaur ulang pakaian mereka.

Di deretan tamu penting, sejumlah selebriti kondang juga hadir untuk memberikan penghormatan bagi Gaultier. Salah satunya model lawas yang juga mantan Ibu Negara Prancis, Carla Bruni. "Jean masih hidup. Dia akan baik-baik saja," kata Carla.

Sebagai pamungkas, fashion show ditutup secara meriah dengan aksi panggung penyanyi gaek Boy George yang membawakan salah satu hitsnya, "Church of the Poison Mind."

Jean-Paul Gauliter Pensiun, Fashion Show Terakhirnya Penuh KemeriahanAksi panggung penyanyi lawas Boy George menjadi penutup manis fashion show terakhir Gaultier. (Foto: AP Photo/Francois Mori)



Tepatnya pada Jumat (17/1/2020), Gaultier mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun setelah 50 tahun berkarya sebagai perancang. "Hai, saya Jean Paul Gaultier. Saya undang kamu ke acara peringatan 50 tahun saya berkarir di dunia fashion di Théâtre du Châtelet pada 22 Januari. Datang? Itu akan menjadi pesta menyenangkan ... Ini akan menjadi pertunjukan Haute Couture saya di Paris. Ayo datang, jangan lewatkan!" ucap Gaultier dalam sebuah video yang diunggah di Twitter.

Pengumuman tersebut terbilang mengejutkan. Pasalnya, pada 2015 lalu, ia memutuskan untuk berhenti membuat koleksi busana siap pakai (ready to wear) agar bisa fokus menggarap koleksi adibusana.

Jean-Paul Gauliter Pensiun, Fashion Show Terakhirnya Penuh KemeriahanSalah satu karya terakhir Jean-Paul Gaultier. (Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images)



Kendati pensiun, Gaultier memastikan rumah modenya akan tetap eksis dengan konsep yang baru. Hanya saja, ia tidak mengatakan siapa yang bakal menjadi penerusnya.

Label pertama Gaultier berdiri pada 1982 dan sukses mengejutkan dunia fashion lantaran menawarkan rok khusus pria. Namanya semakin dikenal karena menuangkan segala identitas gender ke dalam karyanya serta menjadi simbol pemberdayaan perempuan.

Berkat bakat dan keterampilannya yang unik, Gaultier kerap diandalkan para selebriti dunia untuk merancang busana karpet merah mereka. Karya Gaultier sudah pernah membungkus tubuh Nicole Kidman, Cate Blanchett, Lady Gaga sampai Rihanna.

Jean-Paul Gauliter Pensiun, Fashion Show Terakhirnya Penuh KemeriahanKarya Gaultier yang terinspirasi dari 'cone bra' Madonna dilelang di Balai Lelang Christie's London pada 2012. (Foto: Peter Macdiarmid/Getty Images)



Namun, 'cone bra' untuk Madonna lah yang membuat Gaultier semakin ikonis. Korset dengan bra berbentuk kerucut tajam itu dipakai Madonna untuk konser 'Blonde Ambition' pada 1990.

Di MET Gala 2018, Madonna kembali memakai karya spesial dari Gaultier. Gaun hitam bersiluet dramatis itu disempurnakan dengan mahkota berbentuk salib karya desainer aksesori Indonesia Rinaldy A. Yunardi.

Jean-Paul Gauliter Pensiun, Fashion Show Terakhirnya Penuh KemeriahanMadonna dan Gaultier di MET Gala 2018. Madonna melengkapi gaun hitam karya Gaultier dengan aksesori karya desainer Indonesia Rinaldy A. Yunardi. (Foto: Theo Wargo/Getty Images for Huffington Post)



Simak Video "6 Desainer Indonesia Tampil di Paris Fashion Week 2018"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)