Bos Vogue Anna Wintour Serukan Pakai Baju Bekas Demi Kurangi Limbah

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 29 Nov 2019 16:36 WIB
Anna Wintour (Foto: Getty Images) Anna Wintour (Foto: Getty Images)

Athena - Jangan merasa gengsi bila memakai baju bekas atau baju yang sama berulang kali. Anna Wintour, bos majalah fashion Vogue yang kerap dipandang sebagai ikon tren dunia, justru menganjurkannya atas nama gaya hidup yang ramah lingkungan.

Menjadi pembicara di sebuah konferensi yang digelar Vogue Yunani di Athena, Yunani, baru-baru ini, Anna Wintour sempat menyinggung soal fashion yang berkelanjutan (sustainable). Ia lalu menyoroti limbah fashion yang salah satunya disebabkan oleh perilaku manusia yang terbiasa membuang pakaian meski baru memakainya sekali.


Anjuran Anna Wintour untuk Pakai Baju Bekas Demi Kurangi LimbahAnna Wintour (Foto: Getty Images)

"Menurut saya, fashion seharusnya merupakan sebuah karya seni dan produk kreatif, tidak diperlakukan seperti sampah yang baru sekali pakai lalu dibuang," ungkap Anna kepada Reuters setelah konferensi tersebut.

Maka, kata Anna, penting untuk membiasakan diri memakai pakaian yang sama berulang kali. Bila kondisinya baik, tak ada salahnya juga memberikan baju tersebut kepada generasi seterusnya.


Anjuran Anna Wintour untuk Pakai Baju Bekas Demi Kurangi LimbahFoto: Getty Images
"Fokus kita seharusnya bagaimana merawat baju yang sudah kamu punya, lalu menghargai dan memakainya terus menerus, atau mewariskannya kepada anak-cucu kita atau siapa saja," ungkap Anna yang sudah 31 tahun memimpin Vogue itu.

Sebuah laporan pada 2016 dari perusahaan konsultan McKinsey & Company menyebut, produksi fashion meningkat dua kali lipat pada periode 2000 - 2014. Tercatat, setiap orang rata-rata membeli garmen sebanyak 60 persen. Kondisi tersebut tak lepas dari merebaknya industri fast-fashion.

Simak Video "Jadi Editor Vogue Inggris, Meghan Markle Bawa Karya 15 Wanita"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)