Frederika Cull Bawa Kostum Nasional Sang Wanita untuk Miss Universe 2019

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 19 Nov 2019 21:37 WIB
Kostum nasional Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull untuk Miss Universe 2019. Foto: Mohammad Abduh/detikcom Kostum nasional Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull untuk Miss Universe 2019. Foto: Mohammad Abduh/detikcom

Jakarta - Selain deretan gaun cantik karya desainer ternama Indonesia, Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull juga akan unjuk gigi dengan kostum nasional buah kolaborasi Morphacio Body Art dan Mayaratih Couture di Miss Universe 2019. Lantas, apa yang istimewa dari kostum tersebut?

Diberi tajuk 'Sang Wanita', kostum nasional yang menjadi andalan Frederika Cull untuk Miss Universe 2019 hadir dengan konsep baru yang lebih segar.

"Kalau dulu kan grande, sekarang konsep desainnya lebih simpel karena ingin menonjolkan makna dan pesan yang ingin disampaikan," ungkap Mayaratih selepas jumpa pers keberangkatan Frederika ke Miss Universe 2019 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).



Inspirasinya, kata Mayaratih, bersumber dari warisan Srikandi. Srikandi dipandang mewakili karakter wanita Indonesia yang seutuhnya, yakni lemah lembut, penuh cinta sekaligus sosok pejuang yang kuat.

Kostum nasional Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull untuk Miss Universe 2019. Kostum nasional Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull untuk Miss Universe 2019. Foto: Mohammad Abduh/detikcom


"Diharapkan dari kostum ini kita bisa menceritakan kepada dunia siapa wanita Indonesia sebenarnya sekaligus menyuarakan soal semangat pemberdayaan wanita seperti yang diperjuangkan Frederika selama ini," tambah Mayaratih.

Semangat tersebut tergambarkan pada dekorasi berbentuk api-apian yang terbuat dari akrilik. Ikie dari Morphacio mengatakan, mengolah akrilik tersebut menjadi tantangan tersendiri dalam proses kreatifnya. "Kami juga menggunakan logam dari kerangka baja," tambahnya.

Kain bermotif batik parang dan sekar jagad yang dilukis langsung di atas kain oleh Mayaratih juga ikut menghiasi kostum tersebut. Tidak ketinggalan, busur panah yang menyimbolkan kemuliaan bangsa dan wanita Nusantara menjadi pelengkap gaya Frederika.

"Butuh satu bulan untuk membuatnya," ungkap Mayaratih. Adapun bobot kostum mencapai 10 kilogram.

Bagi Morphacio Body Art dan Mayaratih Couture, ini kali kedua mereka membuat kostum wakil Indonesia di kontes kecantikan internasional. Kostum yang dipakai Dea Goesti Rizkita di Miss Grand International 2017 menjadi debut mereka.

Kostum bertajuk 'Ibu Pertiwi' itu bahkan mencetak prestasi yang membanggakan. Karya mereka diganjar penghargaan khusus kategori Best National Costume di Miss Grand International 2017. Akankah pencapaian yang sama terulang di Miss Universe 2019?

Terakhir kali Indonesia menyabet gelar Best National Costume di Miss Universe pada 2014. Kala itu, Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira memakai kostum bertajuk 'The Chronicle of Borobudur' karya Dynand Fariz dan Jember Fashion Carnaval.



Simak Video "Indonesia Masuk Top 10 Miss Universe 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(dng/eny)