Cuma Lulus SMA, Ivan Gunawan Bangga Masuk Ikatan Perancang Mode Indonesia

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 30 Okt 2019 22:01 WIB
Ivan Gunawan (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop) Ivan Gunawan (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)

Jakarta - Ivan Gunawan mengukir prestasi tersendiri dalam perjalanan kariernya sebagai perancang busana. Ivan yang juga dikenal sebagai entertainer itu terpilih menjadi anggota baru Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI).

Di IPMI, Ivan bergabung bersama sejumlah seniornya di ranah mode Tanah Air seperti Sebastian Gunawan, Biyan, Didi Budiardjo, Era Soekamto, Mel Ahyar dan Biyan. Ia pun merasa bangga bisa berada di bawah naungan organisasi tersebut. "Apalagi buat saya yang cuma lulusan SMA. Ini bukti, meski cuma modal otodidak, kita bisa kok kalau ada niat untuk terus belajar dan konsisten berkarya," ungkap Ivan saat ditemui Wolipop di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019).

Sudah 15 tahun Ivan melakoni profesi tersebut. Dimulai dari menjadi asisten pamannya, desainer Adjie Notonegoro, Ivan lalu memberanikan diri untuk mendirikan label sendiri. Sekarang, sudah beberapa label fashion dilahirkan pria 37 tahun itu. Bahkan ia juga merambah ke bisnis kosmetik.


Ivan Gunawan.Ivan Gunawan. Foto: Daniel Ngantung/Detikcom


Meski sudah belasan tahun melalang buana, Ivan mengaku masih banyak belajar. Berada di IPMI lantas akan dimanfaatkannya untuk mencuri ilmu dari rekan sesama desainer, "Menurut saya bisa berada di organisasi ini sangat penting karena bisa menjadi wadah untuk lebih mengasah talenta kita. Di IPMI, banyak hal yang dibahas, mulai dari tren fashion sampai strategi penjualan. Banyak senior dan pembina, wawasan kami jadi luas," ungkap Ivan.

Sebelumnya, Ivan tergabung di Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) yang digagas oleh Poppy Dharsono. Namun, setelah tiga tahun bersama APPMI, Ivan memutuskan untuk mengundurkan diri sekitar dua tahun lalu. "Setiap orang kan bebas memilih. Yang penting, hubungan tetap terjalin baik," ujarnya.



Untuk masuk IPMI, desainer tidak mengajukan diri tapi berdasarkan rekomendasi anggota. Menurut Ketua IPMI Tri Handoko, terdapat beberapa kriteria yang harus dimiliki calon anggota. "Desainer tersebut setidaknya sudah lima tahun berkarya, konsisten dalam hal gaya dan berkarya. Kami juga melihat seberapa besar passion dia di dunia fashion dan seberapa tanggung jawabnya sebagai desainer. Attitude juga menjadi pertimbangan. Menurut kami, Ivan memenuhi semua kriteria itu," ungkap Tri.

Karya perdana Ivan sebagai anggota IMPI akan naik pentas di IPMI Trend Show pada 6 November mendatang. Peragaan tersebut sekaligus menjadi momen inaugurasi Ivan menjadi bagian dari IPMI. Selain Ivan Gunawan, IPMI juga akan melantik desainer Eri Dani sebagai perancang barunya. Saat ini, IPMI yang didirikan pada 1986 ini memiliki 22 anggota aktif.



Simak Video "Karya Igun sampai Dian Pelangi di Ramadan Runaway 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(dng/eny)