Inspirasi Kekasih Picasso dan Wanita Tangguh di Panggung JFW 2020

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 29 Okt 2019 12:07 WIB
Koleksi Paulina Katarina di Jakarta Fashion Week 2019. Foto: Rachman Haryanto/detikcom Koleksi Paulina Katarina di Jakarta Fashion Week 2019. Foto: Rachman Haryanto/detikcom

Jakarta - Koleksi terbaru dari label Paulina Katarina dan Soe Jakarta ikut memeriahkan hari terakhir Jakarta Fashion Week (JFW) 2020, Senin (28/10/2019). Kehadiran karya mereka di JFW kali ini merupakan buah kolaborasi bersama Strongbow Apple Ciders, salah satu produk minuman fermentasi beralkohol.

Paulina Katarina yang digawangi kakak-adik Surya Paulina dan Ratna Katarina mencoba mengeskplor warna-warna baru yang belum pernah mereka jamah. Beberapa di antaranya emas dan burgundy yang merupakan dua warna dari varian Strongbow golden apple dan dark fruit.

Dalam koleksi bertajuk 'Rosa' itu, muncul atasan merah off-shoulder dengan peplum dan ruffle yang dramatis. Blus dengan lengan bervolume yang mempertegas karakter tangguh seorang perempuan juga hadir di sini. Sesekali sentuhan romantis terselip lewat material lace yang menerawang.


Inspirasi Kekasih Picasso dan Wanita Tangguh di Panggung JFW 2020Foto: Rachman Haryanto/detikcom

"Selain dari warna Strongbow sendiri, kami juga terinspirasi oleh para muse kami. Mereka adalah para klien yang berkarakter strong dan cool," ungkap Ratna Katarina yang berbasis di Bali itu.

Lain halnya dengan Soe Jakarta yang didirikan oleh desainer Monique Soeriaatmadja. Diungkapkan Monique, inspirasinya bersumber dari sosok Dora Maar beserta karyanya sebagai pelukis surealis.

"Ia juga dikenal sebagai fotografer dan muse sekaligus kekasih dari Picasso," ungkap Monique.


Inspirasi Kekasih Picasso dan Wanita Tangguh di Panggung JFW 2020Foto: Rachman Haryanto/detikcom

Monique lalu menuangkan ide tersebut ke dalam pilihan busana bersiluet 40-an yang menjelma dalam bentuk dress flare hingga busana kerja berstruktur. Beberapa di antaranya diberi twist yang modern seperti lengan lebar berbahan see-through.

Hadir pula sebuah atasan coklat keemasan yang terbuat dari tumpukan kain panjang dengan padanan coat dan celana palazzo yang stylish.
Inspirasi Kekasih Picasso dan Wanita Tangguh di Panggung JFW 2020Foto: Rachman Haryanto/detikcom

Lebih dari sekadar menampilkan busana yang hanya mengedepankan estetika, Monique juga mementingkan unsur sustainability atau keberlanjutan dari koleksi tersebut. Beberapa warna yang diaplikasikan di koleksi ini merupakan hasil dari pewarnaan alami yang lazim ditemui di beberapa jenis kain tradisional Indonesia.


"Koleksi ini dibuat dengan natural-dye. Dari awal, Soe Jakarta memang hadir sebagai homage untuk kebudayaan Indonesia," tambah Monique.

Simak Video "Pede Abis! Aksi Catwalk Anak Down Syndrome di JFW 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(dng/hst)